Kita tingkatkan pemeriksaan dengan 'ramp check' (inspeksi keselamatan)
Jakarta (ANTARA) - Pengelola Terminal Kalideres mulai memeriksa kondisi bus antarkota antarprovinsi (AKAP) sebelum melayani penumpang ke berbagai kota di luar Jakarta untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan (safety), khususnya saat tingginya keberangkatan jelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. 

"Kita tingkatkan pemeriksaan dengan 'ramp check' (inspeksi keselamatan). Kita periksa dari mulai mesin, rem, oli hingga ban," kata Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnaen, saat dihubungi di Jakarta Barat, Selasa.

Pemeriksaan itu dilakukan guna memastikan mesin bus dalam kondisi baik.

Revi menjelaskan per harinya, pihak terminal Kalideres bisa memeriksa 40 sampai 50 bus.

Per satu bus, proses pemeriksaan bisa memakan waktu lima sampai 15 menit.

Baca juga: Terminal Kalideres wajibkan penumpang bus sudah divaksin booster

Setelah proses pemeriksaan selesai, bus baru diperkenankan untuk meninggalkan terminal.

Terkait jumlah lonjakan penumpang, Revi mengaku hingga saat ini belum ada peningkatan jumlah keberangkatan yang signifikan.

Peningkatan jumlah penumpang biasanya terjadi pada H-3 atau H-2 libur Natal dan Tahun Baru. "Tapi biasanya tidak sebesar ketika libur Lebaran," kata Revi.

Tujuan keberangkatan pun terbilang jarak dekat lantaran waktu libur yang tidak lama. "Rata rata jarak dekat seperti Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah," kata dia.

Walau jumlah keberangkatan tidak sebanyak saat musim libur Lebaran, Revi tetap berupaya memastikan kualitas bus demi keselamatan dan kenyamanan (safety) penumpang.

Baca juga: Pengelola Terminal Kalideres wajibkan sopir bus tes urine

"Intinya, kita tetap 'ramp check'. Baik untuk antisipasi libur Natal dan Tahun Baru ataupun untuk keberangkatan reguler keluar kota," jelas dia.


 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022