sekaligus mengedukasi masyarakat terkait ketahanan pangan lokal
Jakarta (ANTARA) - Kepolisian Sektor (Polsek) Jagakarsa membantu warga menanam bibit pohon alpukat Cipedak di dekat bantaran Sungai Ciliwung,  tepatnya Jalan Arus No 99 Kelurahan Srengseng Sawah, Jakarta Selatan (Jaksel).

“Kami membantu penanaman bibit pohon sekaligus mengedukasi masyarakat terkait ketahanan pangan lokal maupun luar daerah yang menjadi prioritas utama pemerintah saat ini,” kata Bhabinkamtibmas Kelurahan Srengseng Sawah Aipda Ridwan Fajar dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Fajar menuturkan pihaknya terus berkomunikasi kepada masyarakat khususnya warga RW 1 dan RW 3 yang dulunya hobi menanam alpukat.

Menurutnya, dari hobi masyarakat yang terus diberikan edukasi, nantinya masyarakat bisa semakin bersemangat menanam sehingga bisa menikmati manfaat hasil panen dari kebun alpukat tersebut.

“Dari hasil panen alpukat yang dijual diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat serta mengurangi angka pengangguran,” sambungnya.

Baca juga: Pemkot Jaktim tanam 100 pohon di Jalan DI Panjaitan

Selain itu, dia menambahkan, kegiatan ini juga menjadi kesempatannya melakukan pendekatan dan mendapat kepercayaan dari kelompok masyarakat petani alpukat di bantaran Kali Ciliwung.

Sementara itu, Kapolsek Jagakarsa Kompol Multazam Lisendra memberikan apresiasi kepada anggota yang terus berbaur dengan masyarakat dengan memberikan arahan dalam peningkatan ekonomi ketahanan pangan dan pelestarian lingkungan.

“Saya apresiasi kepada anggota yang proaktif dan diperintahkan agar terus memberikan edukasi masyarakat di segala sektor,” ujar Multazam.

Sebelumnya, Bhabinkamtibmas Srengseng Sawah Polsek Jagakarsa bersama masyarakat RW 1 dan RW 3 telah diberikan 500 bibit alpukat dari tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) Pembangkitan Jawa Bali Investasi (PJBI, anak perusahaan PT PLN).

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan berkomitmen menanam pohon produktif jenis alpukat Cipedak di Kecamatan Jagakarsa sebagai ciri khas di daerah itu.

Baca juga: Jakarta Selatan berkomitmen tanam alpukat cipedak di Jagakarsa

Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin menuturkan penanaman pohon alpukat Cipedak ini merupakan bagian dari penanaman pohon aksi tanam 1.000 pohon.

Gerakan tersebut telah gencar dilakukan sejak Oktober 2022 dan akan terus berlanjut serta dilakukan oleh seluruh elemen pemerintahan di Jakarta Selatan.

 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022