Jakarta (ANTARA) - Kepolisian Sektor (Polsek) Cilandak melibatkan warga sekitar bekerja bakti melukis tembok di Jalan Swakarya Bawah RT005/RW09, Pondok Labu untuk memperindah dan memelihara lingkungan.

"Kami membantu sekaligus melakukan pendekatan kepada warga dengan melukis tembok di dinding jalan," kata Kapolsek Cilandak Komisaris Polisi Wahid Key di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Polsek Cilandak evakuasi anak berkebutuhan khusus dari apartemen

Wahid menuturkan kegiatan ini sebagai upaya pihak kepolisian agar bisa membaur dengan warga sehingga memudahkan komunikasi sekaligus silaturahmi.

Dia berharap dengan adanya kegiatan yang rutin dilakukan ini bisa membangun kepercayaan masyarakat kepada kepolisian sebagai penegak hukum.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Pondok Labu Aiptu Momon menambahkan, kegiatan ini dilakukan bersama Seksi Ekonomi dan Pembangunan, Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), serta Ketua RT 005/RW 09 Suwardi.

"Selain melukis, kami juga membantu warga menanam pohon di kampung hijau untuk pemanfaatan lahan kosong," tutur Momon.

Adapun sebanyak 20 pohon yang ditanam mulai dari anggur, cabe, tomat, terong, dan tanaman produktif atau yang menghasilkan buah lainnya.

Dengan demikian, bantuan yang diberikan kepolisian ini diharapkan bisa meringankan beban warga dan mempererat komunikasi jika ada yang membutuhkan pertolongan.

Baca juga: Polsek Cilandak salurkan bantuan bagi korban kebakaran lapak pemulung

Sebelumnya, Camat Cilandak Djaharuddin menuturkan saat ini pihaknya lebih berfokus membenahi taman wilayahnya agar bisa digunakan ruang untuk interaksi antarwarga.

Kegiatan penataan taman ini dimulai dari memperbaiki sarana dan prasarana, mengecat ulang fasilitas publik, menambah tanaman ataupun pohon dan membenahi area pejalan kaki agar warga bisa nyaman mengunjungi taman.

Kelurahan di Kecamatan Cilandak yang melakukan penataan taman sebagai ruang terbuka hijau (RTH) antara lain Cilandak Barat dan Cipete Selatan.

Sedangkan untuk Kelurahan Pondok Labu dan Lebak Bulus melakukan penataan gang untuk dipercantik dan warga bisa mudah melewati jalan tersebut.

Lalu, untuk Gandaria Selatan dilakukan penataan jalan dengan mengecat ulang dan pemasangan paving untuk memudahkan mobilitas warga.

Harapan Djaharuddin, dengan adanya penataan kawasan ini seluruh fasilitas, sarana dan prasarana umum dapat dinikmati masyarakat.

Baca juga: Polisi sosialisasi cegah kejahatan pada anak di Jakarta Selatan

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022