kami tempatkan personel di 429 gereja yang menjadi atensi
Jakarta (ANTARA) - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta mengerahkan sebanyak 1.406 personel untuk membantu pengamanan rangkaian Hari Natal, 19-25 Desember 2022.

“Untuk Natal, kami tempatkan personel di 429 gereja yang menjadi atensi,” kata Kepala Satpol PP DKI Arifin di Balai Kota Jakarta, Selasa.

Ia merinci untuk di Jakarta Pusat ada 48 gereja dengan dibantu 310 petugas Satpol PP DKI, kemudian di Jakarta Utara sebanyak 134 gereja dengan kekuatan Satpol PP DKI mencapai 262 orang.

Selanjutnya di Jakarta Barat ada 50 gereja dengan personel mencapai 264 orang, Jakarta Timur ada 152 gereja dengan personel mencapai 360 orang dan di Jakarta Selatan ada 45 gereja dengan 180 personel.

Baca juga: Pada malam tahun baru, Sudirman-Thamrin bebas kendaraan

“Kami tugaskan seluruh anggota dalam rangka memastikan semua kegiatan ibadah, perayaan Natal dapat berlangsung dengan tertib, aman, lancar, dan kami selalu mengimbau untuk mematuhi ketentuan protokol kesehatan,” ucapnya.

Satpol PP DKI juga ikut memberikan pengamanan pada kegiatan paduan suara atau “Christmas Carol” di tiga titik yakni di Terowongan Kendal, Bundaran Hotel Indonesia (HI) tepatnya di depan Plaza Indonesia dan Kota Tua.

“Christmas Carol” diadakan mulai 19-23 Desember 2022 pada pukul 15.30 WIB hingga 17.30 WIB.

Sementara itu, untuk pengamanan malam tahun baru, Satpol PP DKI mengerahkan 490 personel untuk membantu pengamanan.

Baca juga: Pemprov DKI sebar perayaan malam tahun baru di tujuh lokasi

“Untuk yang berkaitan dengan malam tahun baru, ada kegiatan malam muda-mudi semarak Jakarta, car free night, kami terlibat juga dalam rangka pengamanan sepanjang jalur Sudirman-Thamrin,” imbuhnya.

Pada pelaksanaan bebas kendaraan bermotor di Jalan Sudirman-Thamrin, pihaknya akan membantu petugas kepolisian dan Dinas Perhubungan DKI melakukan penyekatan arus lalu lintas dan pengaturan zona bagi pedagang kaki lima.

Rencananya, zona bebas kendaraan di Jalan Sudirman-Thamrin selama malam tahun baru diadakan mulai pukul 20.00 WIB.

Petugas Satpol PP juga akan ditempatkan di sejumlah ruang publik yang berpotensi ramai dikunjungi masyarakat di antaranya kawasan Kota Tua, Danau Sunter di Jakarta Utara, China Town di Pantai Indah Kapuk (PIK) II, Kanal Banjir Timur (KBT), kawasan Bulungan, Jakarta Selatan dan di sejumlah masjid besar di Jakarta Pusat.

Baca juga: Pemprov DKI petakan lokasi sambut malam tahun baru

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022