Palu (ANTARA) - PT Pos Indonesia Kantor Cabang Utama (KCU) Palu, Sulawesi Tengah, menyatakan bahwa sebanyak 3.125 keluarga di Sulteng tercatat sebagai penerima manfaat bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan penerima manfaat bansos sembako.

"Jumlah penerima bansos tersebut adalah susulan atau tambahan dari program penyaluran BLT BBM, sembako, dan PKH tahun 2022," ucap Kepala PT Pos Indonesia KCU Palu Subhan, di Palu, Sabtu.

Berdasarkan data PT Pos Indonesia jumlah KPM bansos BLT BBM, PKH, dan sembako sebanyak 238.251 KPM yang tersebar di satu kota dan 12 kabupaten di Sulteng.

Baca juga: PT Pos salurkan bantuan sosial untuk 2.348 anak yatim piatu di Sulteng

Jumlah tersebut bertambah 3.125 KPM sehingga total penerima manfaat bantuan sosial tahun 2022 menjadi 241.376 KPM.

PT Pos telah selesai menyalurkan bansos BLT BBM dan PKH serta sembako kepada 238.251 KPM di Sulteng pada 2022. Saat ini PT Pos sedang menyelesaikan penyaluran bantuan sosial susulan khusus untuk PKH dan bansos sembako kepada 3.125 KPM.

Untuk bansos sembako dibayarkan oleh PT Pos Indonesia untuk bulan Oktober, November, dan Desember 2022 senilai Rp600.000 per KPM.

Baca juga: Dinsos Sulteng sebut 233 ribu penerima manfaat sudah terima BLT BBM

Untuk PKH, setiap warga yang tercatat sebagai penerima manfaat PKH mendapat bantuan yang nilainya bervariasi, tergantung kategori yang terdaftar di Kementerian Sosial.

"Penyalurannya masih berlangsung dan ditargetkan selesai pada Januari 2023 untuk data susulan penerima bansos PKH dan sembako," kata dia.

PT Pos Indonesia terus bersinergi dan berkoordinasi dengan pemerintah di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota dalam penyaluran bansos tersebut.

Baca juga: Dinas Sosial sebut penyaluran BLT BBM di Sulteng sudah 100 persen

"Kami berharap pemerintah kecamatan, kelurahan dan desa, agar turut mengimbau warganya untuk datang ke Kantor PT Pos Indonesia di masing-masing wilayahnya untuk menerima bantuan sosial tersebut," ujarnya.

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023