Denpasar (ANTARA) - RANS PIK Basketball mencetak kemenangan perdananya setelah memukul telak Tangerang Hawks Basketball 76-56 pada laga kedua Liga Basket Indonesia (IBL) 2023 Seri 1 Bali di GOR Merpati, Denpasar, Bali, Selasa.

Di atas kertas, catatan permainan dua tim sebetulnya tidak begitu jauh berbeda, apalagi Tangerang Hawks sempat unggul skor 24-17 pada kuarter pertama pertandingan.

Namun pada kuarter dua sampai kuarter empat, Tangerang Hawks bermain kurang efisien dan produktif sehingga RANS tak kesulitan membalik situasi dan unggul skor sampai akhir pertandingan.

Itu terbukti pada kuarter kedua, Tangerang Hawks hanya menambah 7 poin, sementara RANS mampu mencetak 18 poin. Di kuarter ketiga, Tangerang Hawks memberi perlawanan dengan menyetor 17 poin, tetapi RANS tidak menyurutkan ritme permainannya dan konsisten memproduksi lebih banyak skor.

Pada babak penentu, Tangerang Hawks yang banyak bertumpu pada pemain asingnya Tyron Lamar Criswell kembali kehilangan sentuhan. Stamina pemain Tangerang Hawks, yang diasuh pelatih Antonius Joko Endratmo, juga semakin menurun pada babak terakhir.

Pada kuarter terakhir, Tangerang Hawks hanya menambah 8 poin, dan seluruhnya merupakan tembakan dari garis free throw.

Baca juga: Pelita Jaya petik kemenangan pertama setelah bekuk Satya Wacana 78-47

Sementara itu, RANS memimpin dengan tambahan skor 23 poin pada kuarter keempat, yang disumbang oleh Agus Salim, Alexander Franklyn, Valentino Wuwungan, Akeem W Scott, Fadlan Minallah, Duom Dawam, dan Januar Kuntara.

Dari jajaran RANS PIK, distribusi poin cukup merata karena seluruh pemainnya baik yang menjadi starter dan di bench ikut menyumbang poin. Walaupun demikian, Duom Dawam, pemain asing RANS menyumbang skor terbanyak dengan 13 poin dan 4 rebound. Kemudian, ada Akeem W Scott yang mencetak 11 poin, 5 rebound, dan 4 assist.

Dari jajaran pemain lokalnya, ada Fadlan Minallah yang juga berkontribusi besar untuk tim. Pemain basket senior di RANS PIK itu, meskipun tidak menjadi starter hari ini, menjadi kejutan yang berbahaya bagi Tangerang Hawks karena dia berhasil mencetak 12 poin, dan 1 rebound.

Sementara dari kubu Tangerang Hawks, Criswell menjadi top skor dengan dwiganda 30 poin, 14 rebound, dan 1 assist. Dari jajaran pemain lokal Tangerang Hawks, Daniel Ray turut berkontribusi 14 poin, 5 rebound, dan 2 assist.

Baca juga: Bali United sukses "comeback" setelah menang 74-55 atas Patriots

Selepas pertandingan, salah satu pemain RANS, Fadlan Minallah menyampaikan kemenangan tim hari ini karena para pemain telah mempersiapkan diri sebelum berhadapan dengan Tangerang Hawks.

Ia menambahkan tim juga memperbaiki sisi pertahanan terutama setelah mereka kalah dari Bima Perkasa Jogja pada laga perdana di IBL musim ini.

Ke depan, Fadlan menyampaikan timnya bakal terus mewaspadai tim lawan mengingat pertandingan IBL masih cukup panjang.

“Untuk game-game selanjutnya, kami akan lebih mempersiapkan diri. Di game pertama, kami mungkin terlalu overexcited sehingga lupa hal-hal kecil,” kata Fadlan.

Di IBL 2023 Seri 1 Bali, RANS PIK masih akan menghadapi Prawira Harum Bandung, Kamis (19/1), dan RJ Amartha Hangtuah Jakarta pada Sabtu (21/1).

Sementara itu, Tangerang Hawks kembali mencoba peruntungan untuk menang saat melawan Bima Perkasa Jogja pada Kamis (19/1).

Baca juga: West Bandits koleksi kemenangan kedua setelah bekuk Hangtuah 64-53
Baca juga: Satria Muda cetak kemenangan kedua setelah pukul telak Mountain Gold

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023