Denpasar (ANTARA) - RANS PIK Basketball meraih kemenangan kedua Liga Basket Indonesia (IBL) 2023 Seri 1 Bali setelah pada pertandingan penutup di GOR Merpati, Denpasar, Sabtu meraih kemenangan atas RJ Amartha Hangtuah Jakarta, 87-77.

Dengan demikian, RANS PIK Basketball mengoleksi dua kali menang dan dua kali kalah. Pada laga sebelumnya tim milik pesohor Raffi Ahmad itu menang atas Tangerang Hawks. Sementara Hangtuah Jakarta harus puas dengan satu kali kemenangan yang diraih dari tuan rumah Bali United Basketball, dan tiga kali kalah.

Kemenangan RANS PIK Basketball atas Hangtuah justru banyak dimotori pemain dari kursi cadangan, terutama Akeem Scott, yang tampil sebagai top skor dengan 23 poin, 4 rebound, dan 2 assist. Point guard Alexander Franklyn, juga ikut mendongkrak skor dengan mengemas 21 poin dan 4 rebound.

Baca juga: RANS cetak kemenangan perdana setelah pukul telak Tangerang Hawks

Sementara dari kubu Hangtuah Jakarta, pemain asingnya Emmanuel Malou mencetak skor terbanyak dengan 19 poin, 7 rebound, dan 1 assist. Kelly Purwanto dan Diftha Pratama, yang menjadi starting five pada laga kali masing-masing menyetor 10 poin.

Sedangkan Joe-Junior Mvuezolo yang mengawali laga dari kursi cadangan membantu perolehan skor tim dengan 18 poin, 6 rebound, dan 2 assist.

Hangtuah Jakarta dan RANS PIK Basketball mengawali laga dengan ketat. Kedua tim bermain agresif dengan membukukan skor yang cukup tinggi dan RANS PIK mampu mengakhiri kuarter pertama dengan keunggulan 22-20.

Di kuarter kedua, Hangtuah Jakarta memaksa RANS imbang 28-28 berkat tripoin jump shot dari pemain seniornya, Kelly Purwanto. Namun, foul tidak perlu dari Hangtuah memberi karpet merah untuk RANS kembali unggul terutama dari dua lemparan bebas yang dieksekusi apik Alexander Franklyn. RANS PIK unggul 43-41 di paruh pertama.

Baca juga: Satria Muda tutup Seri 1 tanpa kalah meski sulit redam Satya Wacana

Walaupun demikian, Hangtuah tidak bermain konsisten pada kuarter ketiga dan keempat. Perolehan skor tim asal Jakarta itu turun dari 23 poin pada kuarter kedua, menjadi 16 poin di kuarter ketiga, dan 18 poin di kuarter keempat.

Sementara pada paruh kedua pertandingan, RANS bermain lebih konsisten dengan tambahan skor 24 poin di kuarter ketiga, dan 22 poin di kuarter keempat.

RANS PIK Basketball pun menutup pertandingan terakhirnya dengan memimpin 10 poin sampai akhir babak. Tembakan tripoin yang dilepaskan Gunawan kala pertandingan tersisa 10 detik tak berhasil mengejar ketertinggalan Hangtuah dari RANS PIK.

Salah satu pemain kunci RANS, Alexander Franklyn menilai timnya mampu menahan momentum Hangtuah untuk comeback terutama saat mereka unggul skor pada kuarter kedua.

Namun, dia mengaku belum puas pada perolehan tim di Seri 1 Bali, karena target RANS PIK menang di seluruh pertandingan.

Pelatih RANS PIK Basketball Bambang Asdianto Pribadi mengaku senang tim asuhannya dapat menutup Seri 1 Bali dengan kemenangan.

“Ke depannya, tentu kami harus lebih baik lagi, dan lebih efisien dalam offense,” kata Coach Bing, panggilan populer pelatih RANS PIK itu.

Baca juga: Dewa United sapu bersih laga Seri 1 saat taklukkan West Bandits 86-73

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023