Ini baru pertama kalinya
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Selatan memilih sebanyak 10 finalis Abang-None 2022 di daerah itu menjadi duta zakat menjelang Ramadhan hingga Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Ini baru pertama kalinya Abang-None Jakarta Selatan menyandang predikat duta zakat dan wilayah lainnya belum pernah ada," kata Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Selatan Rus Suharto saat dihubungi, di Jakarta, Selasa.

Rus menjelaskan kepercayaan yang diberikan kepada 10 dari 30 finalis Abang-None Jakarta Selatan sebagai bentuk dukungan masalah sosial dan kemanusiaan pada setiap kegiatan kecamatan maupun acara pemerintahan.

Maka dari itu, Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Selatan Rus Suharto memaksimalkan kemampuan dan keahlian para duta untuk mengerahkan perannya dalam terjun bermasyarakat.

Baca juga: Jaksel umumkan Abang dan None 2022

"Duta zakat ini diharapkan mampu sosialisasi menggerakkan kesadaran mengenai zakat, infaq dan sedekah ke masyarakat terutama pelaku usaha untuk membantu sesama," jelasnya.

Sebelum terjun ke lapangan, para duta zakat terpilih ini dibina dengan diberikan wawasan terlebih dahulu terkait Baznas Bazis hingga Februari 2023.

Tak hanya menjadi duta zakat, para finalis Abang-None 2022 ini juga direncanakan sebagai duta Palang Merah Indonesia (PMI) pada waktu mendatang.

"Kami terus mengoptimalkan tiga aspek Abang-None yakni 3B yang meliputi perilaku (behavior), keelokan (beauty) dan kecerdasan (brains)," tutupnya.

Baca juga: Bupati: Saatnya putra-putri asli pulau jadi Abang-None

Harapan Rus, para finalis Abang-None terpilih juga bisa lebih mengenalkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang dimiliki Jakarta Selatan maupun DKI Jakarta, termasuk program dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Disebutkan pula, tantangan 30 finalis Abang-None harus bisa mengenalkan budaya Betawi karena merupakan budaya dari Provinsi DKI Jakarta yang harus dipertahankan dan jangan sampai tergerus zaman.

Selain itu, para finalis Abang-None juga harus menyesuaikan perkembangan zaman, misalnya, pengetahuan isu terkini tentang G20, Urban20 (U20), hingga peran urban per wilayah Jakarta Selatan hingga DKI Jakarta.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023