Total ada 56 titik yang sudah dipetakan
Jakarta (ANTARA) - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Barat memetakan sedikitnya 56 titik jalan unggulan di daerah itu untuk dibenahi tahun ini.

"Kita sudah menetapkan titik mana saja. Total ada 56 titik yang sudah dipetakan oleh setiap masing masing Satpol PP kecamatan," kata Kepala Satpol PP Jakarta Barat, Agus Irwanto, saat ditemui di Jakarta Barat, Rabu.

Ia menjelaskan, p​​​​​​embenahan itu akan dilakukan oleh petugas Satpol PP tingkat kecamatan dan kelurahan serta kolaborasi dengan unit kerja perangkat daerah (UKPD) terkait.

Tujuannya agar warga bisa menikmati fasilitas umum yang ada di jalan tersebut seperti trotoar, penerangan jalan hingga aspal dengan baik.

Titik jalan tersebut berada di 56 kelurahan yang ada di wilayah Jakarta Barat. Jalan yang dipilih untuk dibenahi memiliki kriteria khusus.

Baca juga: Satpol PP pastikan kawasan Kota Tua steril dari PKL

Beberapa di antaranya dapat dilintasi dua mobil dari arah berlawanan, memiliki trotoar yang besar dan dinilai perlu dibenahi dari segi infrastruktur.

Nantinya, pihak Satpol PP akan melakukan pembenahan sesuai tugas pokok dan fungsinya yakni menjangkau (menindak) para pedagang kaki lima (PKL) di lokasi.

Selain itu, para petugas juga akan melakukan penjagaan secara rutin agar PKL tidak kembali berdagang di lokasi tersebut.

"Kita jangkau agar trotoar yang sebelumnya dipakai untuk berdagang bisa kembali dipakai untuk para pejalan kaki," kata Agus.

Setelah itu, UKPD terkait akan membenahi sisi lain seusai dengan tugas pokok dan fungsinya seperti Suku Dinas Bina Marga yang membenahi trotoar dan lampu, Suku Dinas Sumber Daya Air soal selokan dan Suku Dinas Taman dan Hutan Kota soal penanaman pohon.

Baca juga: Fakta minta Jakarta tata kawasan publik Kota Tua

Proses pengerjaan tersebut, lanjut Agus, dilaksanakan pada Maret tahun ini.

Setelah proses pengerjaan selesai, pihaknya akan menambah titik pengerjaan jalan unggulan setiap enam bulan sekali.

Agus pun tidak menjelaskan anggaran yang dikeluarkan untuk pembenahan jalan ini.

Dia hanya berharap pembenahan jalan ini bisa berdampak baik untuk kepentingan masyarakat.
 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023