Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Inggris dibuka menguat pada perdagangan Kamis, dengan indeks FTSE 100 membukukan rekor tertinggi baru didorong oleh laba perusahaan yang optimis dari Centrica dan Standard Chartered, sementara penambang terangkat oleh harga komoditas yang lebih tinggi.

Indeks saham-saham unggulan FTSE 100 terangkat 0,5 persen pada pukul 08.20 GMT, menjadi bertengger di atas level psikologis 8.000 poin yang ditembus di sesi sebelumnya.

Pemilik gas Inggris Centrica melonjak ke puncak FTSE 100, naik 4,6 persen setelah laba tahunannya naik lebih dari tiga kali lipat dan perusahaan mengumumkan akan memperpanjang program pembelian kembali sahamnya.

Bank Inggris Standard Chartered meningkat 2,9 persen setelah melaporkan kenaikan 28 persen laba sebelum pajak tahunannya.

Penyedia informasi Eropa Relx terangkat 3,8 persen setelah melaporkan kenaikan 10 persen yang lebih baik dari perkiraan dalam laba per saham setahun penuh yang disesuaikan.

Indeks saham-saham berkapitalisasi sedang atau midcap FTSE 250 yang lebih fokus di dalam negeri juga menguat 0,4 persen, meskipun kenaikannya dibatasi oleh kerugian di perusahaan farmasi Indivior, yang anjlok 14,4 persen setelah melaporkan hasil setahun penuh.

Baca juga: Wall Street ditutup lebih tinggi, imbas data penjualan ritel yang kuat
Baca juga: Harga emas anjlok 20,10 dolar tertekan penguatan dolar AS
Baca juga: Minyak naik di Asia ditopang optimisme China, pasar abaikan stok AS

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023