Jakarta (ANTARA) - Jannik Sinner mengejutkan unggulan teratas Stefanos Tsitsipas dengan dua set langsung untuk mencapai perempat final ATP Rotterdam, Kamis waktu setempat, sementara peringkat sembilan dunia Holger Rune disingkirkan oleh peringkat 160 dunia Gijs Brouwer.

Petenis 21 tahun asal Italia Sinner, peringkat 14 dunia dan baru saja meraih gelar Montpellier akhir pekan lalu, menang 6-4, 6-3.

Keberhasilan itu merupakan kemenangan keduanya atas petenis nomor tiga dunia Tsitsipas dalam tujuh pertemuan, sekaligus membalas kekalahan lima set dari petenis Yunani itu di babak 16 besar Australian Open bulan lalu.

Sinner akan menghadapi veteran Swiss dan pemenang Grand Slam tiga kali Stan Wawrinka untuk memperebutkan satu tempat di semifinal.

Baca juga: Alcaraz debut musim ini dengan kemenangan di Buenos Aires

Sementara itu, petenis 19 tahun Rune yang sedang mengejar petenis Belanda kelahiran Amerika Brouwer yang memimpin 6-4, 4-0 harus mundur dari pertandingan setelah timeout medis.

Brouwer akan menghadapi rekan senegaranya Tallon Griekspoor di perempat final Jumat.

Juara bertahan Felix Auger-Aliassime dari Kanada melewati Gregoire Barrere untuk mencapai delapan besar.

Petenis berusia 22 tahun dari Montreal itu mengalahkan petenis Prancis tersebut dengan skor 6-4, 6-3 untuk bertemu dengan unggulan keenam Daniil Medvedev, yang mengalahkan Botic van de Zandschulp 6-2, 6-2.

Unggulan ketiga Auger-Aliassime mengamankan tempatnya di babak delapan besar berkat servis pertama yang solid, melepaskan sembilan ace.

Medvedev menjadi favorit untuk memenangi pertemuan mereka setelah memenangi keempat pertemuannya dengan petenis Kanada itu.

"Felix adalah pemain top. Dia menang di sini tahun lalu dan bermain luar biasa di akhir tahun lalu. Menantikan pertandingan yang sulit dan semoga saya bisa menjadi yang terbaik," kata Medvedev, seperti disiarkan AFP, Jumat.

Petenis Australia Alex de Minaur, yang mengalahkan unggulan kedua Andrey Rublev dalam dua set langsung pada Rabu, melawan Grigor Dimitrov pada perempat final lainnya pada Jumat.

Baca juga: Rublev dan Zverev tersingkir dari Rotterdam

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023