Jakarta (ANTARA) - Berita penting dan menarik mengenai Provinsi DKI Jakarta pada Jumat (24/2) terkait rencana penguatan infrastruktur hingga diminta fokus mengendalikan inflasi untuk calon kota ekonomi dan bisnis yang masih banjir.

Berikut rangkumannya : 

1. BPBD DKI laporkan penanganan banjir di empat RT imbas hujan lebat

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melaporkan penanganan banjir di empat Rukun Tetangga (RT) di Ibu Kota karena tergenang hingga 30 sentimeter (cm) imbas hujan lebat pada Jumat dini hari.

"Kami sedang melakukan upaya penyedotan genangan," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Isnawa Adji di Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya


2. Kali Ciliwung meluap sebabkan banjir setinggi 1,2 meter di Cawang

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI mendata Kali Ciliwung meluap menyebabkan banjir dengan ketinggian hingga 1,2 meter di dua rukun tetangga (RT) di Kelurahan Cawang, Jakarta Timur, serta 19 RT lain dengan ketinggian bervariasi di bawahnya.

"Total ada 21 RT tergenang," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Isnawa Adji di Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya


3. Pemprov DKI perkuat infrastruktur dukung Jakarta jadi kota bisnis

Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono menyatakan tengah memperkuat infrastruktur sebagai bagian dari sebelas strategi untuk mendukung Jakarta menjadi kota ekonomi dan bisnis setelah Ibu Kota Negara (IKN) pindah.

"Sebagai kota ekonomi kan masuk global city. Global city itu ada penilaiannya," kata Heru saat menghadiri pengukuhan Kepala Perwakilan Bank Indonesia DKI di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, selain penguatan infrastruktur sebelas langkah itu di antaranya penguatan sarana dan prasarana, pengendalian inflasi, hingga memfasilitasi kegiatan ekonomi masyarakat.

Baca selengkapnya


4. Luapan Ciliwung rendam 50 rumah di Kelurahan Cawang 

Luapan Kali Ciliwung akibat hujan sejak Kamis malam (23/2) hingga Jumat siang merendam 50 rumah warga di Kelurahan Cawang, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur dengan ketinggian 20 sentimeter (cm) hingga 1,5 meter.

"Ada 50 rumah diisi 50 kepala keluarga (KK) terdampak banjir," kata Lurah Cawang Didik Diarjo ketika dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya


5. BI minta Pemprov DKI fokus kendalian inflasi dan terapkan digitalisasi

Bank Indonesia (BI) meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta fokus pada pengendalian inflasi dan penerapan digitalisasi di seluruh sektor untuk mendukung pertumbuhan ekonomi disamping persiapan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN).

"Kami memandang tiga tantangan perlu disikapi dan direspons ke depannya, yakni persiapan pemindahan ibu kota, pengendalian inflasi dan penerapan digitalisasi," kata Deputi Gubernur BI Juda Agung saat pengukuhan Kepala Perwakilan BI DKI di Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023