Harus meningkatkan sinkronisasi, kolaborasi dan integrasi berbagai program kegiatan. Terutama program kegiatan yang masih terkesan ada ego sektoral
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Buruhanudin mengingatkan jajarannya untuk saling berkolaborasi dalam menyusun program kegiatan agar pelayanan ke masyarakat berjalan optimal.

"Kita harus terus semangat menjadi super tim, karena dalam bekerja itu tidak ada yang namanya superman. Mudah-mudahan Kabupaten Bogor ke depan lebih maju dan lebih baik sehingga kualitas pelayanan kepada masyarakat semakin meningkat pula," ujar Burhan dalam Forum Perangkat Daerah di Cibinong, Bogor, Kamis.

Ia menekankan bahwa setiap program kegiatan di lingkup Pemerintah Kabupaten Bogor harus tersinkronisasi dan terintegrasi meski dilaksanakan oleh perangkat daerah yang berbeda.

"Harus meningkatkan sinkronisasi, kolaborasi dan integrasi berbagai program kegiatan. Terutama program kegiatan yang masih terkesan ada ego sektoral, hal ini harus kita kesampingkan," terangnya.

Forum perangkat daerah merupakan ajang bagi perangkat daerah untuk menginformasikan rencana program kegiatan tahun depan kepada para pemangku kepentingan.

Kemudian, untuk menyelaraskan program kegiatan perangkat daerah dengan usulan prioritas hasil Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan, perangkat daerah lain dan pokok-pokok pikiran DPRD. Lalu, untuk mempertajam indikator kinerja dan target program kegiatan perangkat daerah.

Burhan mengingatkan, tahun 2024 merupakan periode awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) setelah berakhirnya periode 2018-2023.

"Untuk itu diharapkan perangkat daerah dapat menginventarisir kembali program kegiatan yang belum terlaksana atau belum mencapai target untuk dilanjutkan pada tahun 2024. Hal ini penting untuk menjaga konsistensi dan keberlanjutan pembangunan," kata Burhan.

Ia meminta ASN mempedomani seluruh aturan yang telah ditetapkan dan memastikan bahwa seluruh kinerja perangkat daerah yang dirumuskan untuk tahun 2024 terinput di dalam Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) secara tepat.

“Saya harap forum perangkat daerah ini dapat menghasilkan rumusan program kerja tahun 2024 yang tepat tujuan dan sasaran, demi kemajuan pembangunan di Kabupaten Bogor,” ujar Burhan.
Baca juga: Pemkab Bogor mendorong produk UMKM lokal tembus pasar modern
Baca juga: Pemkab Bogor pastikan arah pembangunan sesuai SDGs

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023