Baturaja (ANTARA) - Sebanyak 15 kepala keluarga di Kelurahan Sekarjaya, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, menerima bantuan program rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) dari pemerintah daerah setempat tahun anggaran 2023.

Nurhayati (43), warga RT 02 Kelurahan Sekarjaya, Kecamatan Baturaja Timur di Baturaja, Ibu Kota Kabupaten OKU, Jumat, mengaku sangat senang dan bahagia, karena rumahnya tahun ini akan direnovasi oleh Pemerintah Kabupaten OKU.

Nurhayati merupakan salah satu dari 15 orang warga di Kelurahan Sekarjaya penerima bantuan program RTLH yang bersumber dari dana APBD Kabupaten OKU tahun 2023.

Baca juga: Warga Campursari Temanggung bersyukur bisa miliki hunian layak

“Senang dan bahagia sekali karena rumah kami yang tidak layak dihuni mendapat bantuan renovasi dari pemerintah. Saya mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan ini,” katanya.

Bantuan program rehabilitasi RTLH itu diserahkan secara simbolis oleh Asisten II Setda OKU Hasan HD didampingi Kepala Dinas PU Perkim Ulia Mahdi dalam kegiatan Musrenbang Kecamatan Baturaja Timur yang dilaksanakan hari ini.

Menurut Ulia, pada tahun ini Pemkab OKU melalui program rehabilitasi RTLH merenovasi sebanyak 50 unit rumah warga miskin di daerah itu.

Sebanyak 50 unit rumah tidak layak huni itu tersebar di beberapa kecamatan meliputi Kecamatan Peninjauan sebanyak 10 unit, Semidang Aji 25 unit, dan Baturaja Timur 15 unit.

Baca juga: 51 rumah renovasi program RTLH diserahkan masyarakat di Solo

"Saat ini program rehabilitasi RTLH masih dalam tahap proses pembangunan," ujarnya.

Dalam program ini, kata dia, setiap warga penerima bantuan dibantu dana sebesar Rp20.000.000 untuk membeli bahan bangunan atau material guna memperbaiki rumah agar layak dihuni.

Jumlah bantuan tersebut meningkat dibandingkan tahun 2022 yaitu hanya sebesar Rp17.500.000 per unit, seiring dengan naiknya harga bahan material bangunan di pasaran.

Melalui program ini, ia berharap dapat membantu meringankan beban masyarakat tidak mampu agar memiliki rumah yang nyaman dan layak dihuni bersama keluarga.

Baca juga: OJK Purwokerto salurkan bantuan sosial dukung rehab RTLH

"Program ini kami jalankan setiap tahun dengan target seluruh warga miskin Kabupaten OKU memiliki rumah yang layak dihuni," ujarnya menambahkan bahwa pada tahun 2022 Pemkab OKU telah merenovasi sebanyak 105 unit rumah melalui program RTLH.

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023