Jakarta (ANTARA) -
Peragaan busana Coperni di Paris, bermitra dengan Boston Dynamics membuat peragaan busana pertama di mana robot dan model berbagi panggung sebagai bintangnya.
 
Saat lampu padam, empat pasang mata hijau mulai berkedip dalam kegelapan. Ketika "Spots", anjing robot Boston Dynamic, dalam garis-garis tarantula berwarna kuning dan hitam mengintai ke dalam ruangan.
 
Model pun muncul untuk berbagi panggung dengan Spots, membantu model melepaskan mantel. Lima robot anjing lain mengambil dan membawa tas model untuknya.

Baca juga: Anjing pun turut tampil di panggung New York Fashion Week
 
Pertunjukan itu adalah "dongeng modern", mengonfigurasi ulang puisi abad ke-17 Jean de la Fontaine "The Wolf and the Lamb" menjadi cerita tentang hubungan kekuatan antara manusia dan robot, kata para desainer Coperni setelah pertunjukan.
 
Ide ini berawal dari Sébastien Meyer dan Arnaud Vaillant, duo di belakang perusahaan Coperni, melakukan perjalanan ke Boston untuk bertemu dengan pencipta robot tercanggih di dunia.
 
Vaillant mengatakan Boston Dynamics adalah perusahaan robot pertama yang menandatangani piagam bahwa mereka tidak akan pernah memberikan senjata kepada robot, dan mereka yang pertama mengirim robot ke Ukraina untuk membersihkan situs bom berbahaya.

Baca juga: Album Asia: Potret menggemaskan kucing di ajang peragaan di Bangladesh
 
"Pesan kami adalah pesan positif, bahwa manusia dan teknologi dapat hidup bersama secara harmonis,” ucap Vaillant, seperti dilansir The Guardian, Sabtu. 
 
Coperni adalah merek yang terobsesi dengan teknologi, yang musim lalu merusak jaringan internet dengan menyemprotkan gaun dari kaleng aerosol langsung ke tubuh model Bella Hadid selama pertunjukannya.

Baca juga: Doja Cat pukau "haute couture" dengan 30 ribu kristal penuhi tubuhnya

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023