Momentum HBKB merupakan solusi cerdas bagi warga untuk mendapatkan layanan paspor
Jakarta (ANTARA) - Kantor Imigrasi Jakarta Selatan berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) di bidang pelayanan paspor saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB).

"Momentum HBKB merupakan solusi cerdas bagi warga untuk mendapatkan layanan paspor yang mudah diakses sekaligus menjalankan aktivitas bersama keluarga,” kata Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Minggu.

Silmy menuturkan Kantor Imigrasi Jakarta Selatan berhasil menyelesaikan 1.000 permohonan paspor dalam program Car Free Day Immigration Service pada hari Minggu.

Menurut Silmy, jumlah permohonan paspor sebanyak  ini merupakan  tertinggi yang pernah dilayani Kantor Imigrasi Jakarta Selatan dalam satu hari sekaligus memecahkan rekor MURI sebagai "Layanan Paspor Terbanyak di Kawasan Bebas Kendaraan Bermotor."

Sertifikat rekor MURI diserahkan langsung oleh Ketua MURI Jaya Suprana kepada Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Selatan Felucia Sengky Ratna di halaman Stadion Akuatik Gelora Bung Karno.

Selain melayani 1.000 permohonan paspor yang telah mendaftar secara daring, Kantor Imigrasi Jakarta Selatan juga menawarkan layanan bagi pemohon yang membutuhkan paspor pada hari yang sama (same day).

Tak hanya layanan paspor, dilaksanakan juga layanan izin tinggal berupa perpanjangan visa on arrival dan layanan informasi keimigrasian.

“Kami berharap Kantor Imigrasi Jakarta Selatan dapat terus menorehkan prestasi dan memberikan kualitas layanan terbaik kepada publik,” tutur Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Selatan Felucia Sengky Ratna.

Menurut Sengky, adanya gagasan ini bermula dari kebutuhan masyarakat terhadap layanan keimigrasian lainnya seiring dengan masuknya ke masa transisi pandemi COVID-19 yang berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas perjalanan lintas negara.

"Layanan akhir pekan  dilaksanakan setiap Sabtu di unit utama, sedangkan layanan same day   dilaksanakan di Unit Layanan Paspor Lippo Mall Kemang setiap  Sabtu dan Minggu," terangnya.

Dalam kesempatan sama, salah satu pemohon bernama Adit mengapresiasi kinerja pelayanan Kantor Imigrasi Jakarta Selatan yang memberikan pelayanan maksimal setiap hari.

"Layanan paspor saat HBKB sangat memudahkan saya dan keluarga dalam melakukan pengurusan karena hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit dan ada layanan pengiriman via PT Pos," tutur Adit.
Baca juga: Imigrasi Jaksel imbau pakai aplikasi untuk percepat permohonan paspor
Baca juga: Imigrasi Jaksel sediakan layanan paspor same day di unit utama dan mal
Baca juga: Imigrasi Jaksel deportasi tujuh WNA pada Januari 2023

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023