Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto berharap kepemimpinan baru DPP Taruna Merah Putih (TMP) periode 2024—2029, yakni Ketua Umum Hendrar Prihadi dan Sekjen Rio Alexander Jeremia Dondokambey dapat merekrut anak muda untuk berpolitik melalui partai ini.

"Semoga dengan kepengurusan baru, TMP makin dapat menggelorakan dirinya sebagai wahana penggemblengan kaum muda sekaligus dipersiapkan menjadi calon pemimpin bangsa melalui PDI Perjuangan," kata Hasto dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.

Menurut dia, berpolitik yang dimaksud bukanlah sekadar bagaimana bisa masuk ke dalam kekuasaan, menjadi pejabat negara, menjadi anggota DPR atau kepala daerah, melainkan berpolitik untuk membangun peradaban sesuai dengan ajaran Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

"Berpartai itu tidak hanya soal kekuasaan, tetapi juga mengenai menjaga kehidupan. Lihat saja bagaimana Ibu Megawati adalah satu-satunya ketua umum partai yang konsisten menggelorakan kesadaran mencintai lingkungan," kata Hasto.

Dari kesadaran itu, Megawati menyampaikan pesan bahwa sejak 2005, sebanyak 24 pulau di Indonesia yang tenggelam. Walau tak berpenghuni, di pulau-pulau itu ada ekosistem dan kehidupan yang sudah ada ribuan, atau bahkan jutaan tahun.

"Ketika pulau itu tenggelam, tenggelam juga peradaban ribuan atau jutaan tahun di situ. Maka, jika kita menjaga lingkungan hidup, kita juga menjaga kehidupan kita," ujarnya.

Kedua, berpolitik juga adalah mewujudkan Indonesia berdikari. Pihaknya mendorong TMP terus melakukan terobosan melakukan pelatihan masyarakat menjadi pengusaha yang menciptakan lapangan kerja.

"TMP harus menjadi wahana agar anak didiknya didorong bersekolah dan terus menggali ilmu pengetahuan," kata Hasto.

Dalam pernyataannya, baik Hendi, sapaan akrab Hendrar, dan Rio sama-sama mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan pengurus DPP PDI Perjuangan kepada mereka.

"Kami berkomitmen akan melaksanakan perintah ketua umum dan partai dengan baik, berkonsolidasi dan berkomunikasi, termasuk melaporkan secara periodik berbagai situasi dan kegiatan kepada DPP PDI Perjuangan," kata Hendi.

DPP PDI Perjuangan (DPP) melantik Hendrar Prihadi menjadi Ketua Umum DPP Taruna Merah Putih (TMP) periode 2019—2024 menggantikan Maruarar Sirait.

DPP Partai juga melantik Rio Alexander Jeremia Dondokambey sebagai Sekjen DPP TMP 2019—2024 menggantikan Restu Hapsari.

Acara pelantikan Ketua Umum TMP digelar di Sekolah Partai PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta, Senin.

Baca juga: PDIP lantik Hendrar Prihadi jadi Ketua Umum Taruna Merah Putih
Baca juga: Maruarar Sirait ajak OKP cegah politik identitas di Pemilu 2024

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023