Jakarta (ANTARA) - Federasi Anggar Denmark pada Rabu waktu setempat membatalkan kejuaraan anggar Trekanten International di Kopenhagen yang rencananya digelar 7-8 Oktober mendatang menyusul keterlibatan atlet Rusia dan Belarus.

"Kami sampai pada kesimpulan bahwa kami sayangnya tidak dapat melaksanakannya," kata Ketua Dewan Federasi Anggar Denmark Jan Sylvest Jensen kepada kantor berita Denmark Ritzau yang dikutip Reuters, Jumat.

"Kita tidak bisa melakukan itu ketika aturannya seperti sekarang, ketika Rusia dan Belarus diizinkan menjadi bagian darinya. Kita tidak bisa melihat diri kita sendiri dalam hal itu."

Baca juga: CdM pastikan persiapan timnas anggar maksimal jelang SEA Games

Rusia dan Belarus dilarang mengikuti ajang internasional sejak Februari 2022 menyusul invasi Rusia kepada Ukraina. Namun, federasi anggar internasional (FEI) memberikan izin kepada atlet Rusia dan Belarus untuk mengikuti ajang internasional kembali setelah diadakan kongres luar biasa pada 10 Maret lalu.

Dalam kongres luar biasa tersebut sebanyak 60% negara memberikan dukungan kepada Rusia dan Belarus agar memperoleh izin untuk berkompetisi kembali.

"Mungkin bukan rahasia lagi bahwa kami menolak mereka diizinkan untuk berpartisipasi," kata Jensen menambahkan.

Trekanten International merupakan kejuaraan anggar tahunan yang berada satu tingkat di bawah Piala Dunia Anggar. Sebelumnya Jerman memutuskan mengundurkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia Anggar yang merupakan kejuaraan di bawah naungan FIE.

"Bagi Denmark, ini berarti kami berisiko kalah di turnamen selanjutnya. Kami mungkin tidak dapat mengadakan acara internasional di Denmark di tingkat senior." pungkas Jan Sylvest Jensen.

Baca juga: IKASI berangkatkan atlet ke Hungaria jelang SEA Games Kamboja

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023