Semarang (ANTARA) - Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, menyiapkan sembilan kapal penumpang sebagai upaya antisipasi lonjakan penumpang saat arus mudik Lebaran 2023.

Kepala KSOP Tanjung Emas Semarang Herwanto dalam siaran pers di Semarang, Sabtu, mengatakan, sembilan kapal milik PT Pelni dan PT Dharma Lautan Utama ini memiliki kapasitas jingga 9.881 orang.

Menurut dia, kesiapan sembilan kapal tersebut merupakan bagian dari antisipasi lonjakan penumpang saat arus mudik Lebaran tahun ini yang diperkirakan mencapai 30 persen dibanding tahun sebelumnya.

"Lonjakan penumpang sekitar 30 persen akibat masa mudik yang bertepatan dengan libur sekolah dan pelonggaran PPKM," katanya.

Koordinasi penyelenggaraan angkutan Lebaran, lanjut dia, telah dikoordinasikan dengan kepolisian, TNI, Distrik Navigasi Tanjung Emas, serta PT Pelindo sebagai operator pelabuhan.

Terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang mampu menampung 1.840 orang dengan panjang dermaga mencapai 200 meter.

Pada masa angkutan Lebaran tahun ini juga akan dilaksanakan mudik gratis menggunakan kapal dari Jakarta menuju Semarang.

Dua kapal pengangkut mudik gratis rencananya akan diberangkatkan dengan KM Dobonsolo pada 15 dan 17 April 2023 dari Pelabuhan Tanjung Priok.

Sementara untuk arus balik, kapal mudik gratis akan diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Emas pada 25 dan 28 April 2023.

Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023