Jakarta (ANTARA) - Perusahaan audio asal Jerman Sennheiser, meluncurkan mikrofon profileUSB, sebuah mikrofon kondensor cardioid untuk layanan streaming dan podcast.

Produk tersebut menggabungkan suara profesional dengan akses langsung pada seluruh fungsi, memungkinkan para streamer, podcaster, dan gamer untuk dapat berfokus pada konten.

Manajer Produk Sennheiser Dennis Stegemerten dalam pernyataan di Jakarta, Rabu, mengatakan produk itu memberikan kemudahan kepada pengguna dengan adanya kapsul kondenser Sennheiser KE10 yang dapat memberikan redaman khas suara dari belakang dan memastikan suara dari para streamer dapat lebih fokus.

"Desainnya sangat sederhana dan efisien, serta tidak akan merepotkan. Profile USB cukup dihubungkan ke port USB-C pada komputer atau tablet Anda – perangkat Anda akan secara otomatis mengenali mikrofon tersebut, dan siap menangkap suara Anda," kata Stegmerten.

Mikrofon profil USB ini memiliki tombol mute soft-touch yang tidak menimbulkan gangguan apapun serta volume mikrofon yang dapat dikendalikan maupun kontrol campuran untuk mengatur keseimbangan antara suara dan audio dari komputer atau tablet sekaligus kontrol volume untuk memantau headphone.

"Tidak diperlukan lagi antarmuka atau software lain, tidak perlu ada tambahan jendela yang harus Anda buka untuk dapat mengontrol pengaturan mikrofon. Anda hanya memerlukan satu sentuhan langsung ke arah mikrofon," ujar Stegmerten.

Baca juga: Fitur audio Sennheiser, tiap kursi mobil hasilkan suara berbeda

Selain itu, headphone atau earphone dapat dihubungkan melalui soket 3,5 mm yang terdapat di bagian belakang mikrofon profil USB. Sedangkan cincin LED pada mikrofon itu dapat membantu memberikan sinyal terkait status pengoperasian.

Perancang mikrofon profil USB Benny Franke menambahkan penciptaan teknologi model audio itu bertujuan untuk membantu proses kreatif pengguna terutama dalam melahirkan konten yang dapat memperkuat dan mendorong interaksi dengan audiens.

"Saat merekam podcast atau sedang melakukan siaran langsung, Anda tentunya harus memperhatikan konten, seperti tampilan ruangan, pengaturan kamera, interaksi dengan audiens, hal terakhir yang Anda butuhkan dalam kondisi seperti ini adalah pengaturan audio yang kompleks," kata Franke.

Dia menambahkan mikrofon profil USB juga akan memberikan suara natural yang mampu menonjolkan tubuh dan suara pengguna serta kemampuan audio yang optimal kepada para audiens.

"Memiliki kapsul yang bagus sangat penting untuk hal ini, tetapi menempatkan mikrofon dengan benar juga sama pentingnya. Itu harus diposisikan dalam jarak 15 cm dari mulut Anda atau sumber suara untuk memastikan kejernihan dan kehangatan," kata Franke.

Mikrofon dapat diletakkan miring untuk mendapatkan posisi yang optimal serta sambungan yang mengunci sendiri akan memastikan bahwa alat tersebut tetap pada posisinya. Konektor 3/8" dan 5/8" di bagian bawah memungkinkan mikrofon untuk digunakan dengan dudukan meja.

Pengguna yang menginginkan penempatan yang lebih canggih bisa memilih Set Streaming Profil, yang telah dilengkapi dengan lengan boom tiga titik yang dapat mengunci secara otomatis. Dengan desain yang ramping dan modern, termasuk manajemen kabel terintegrasi, lengan boom sangat ideal untuk berbagai pengaplikasian kamera.

Mikrofon ini tersedia dalam dua versi, yakni versi Table Stand (Rp2.464.000) dan versi Profile Streaming Set dengan self-locking boom arm pada tiga titik (Rp3.760.000).

Baca juga: Ketahui mikrofon sesuai dengan kebutuhan dan "budget"

Baca juga: Shure MV7 dilengkapi teknologi "isolasi suara" untuk rekaman

Baca juga: Ini alasan podcast audio banyak digemari

Pewarta: Satyagraha
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023