Tidak akan berpengaruh
Pekanbaru (ANTARA News) - Gubernur Riau HM Rusli Zainal mengatakan, pengunduran diri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Alfian Mallarangeng tidak berpengaruh terhadap penyelenggaraan Islamic Solidarity Games (ISG) III pada tanggal 6-17 Juni 2013 di Pekanbaru, Riau.

"Insya Allah saya kira mundurnya Pak Andi tidak berpengaruh. Tidak akan berpengaruh bagi pelaksanaan ISG," tegasnya usai melaksanakan sholat Jumat di Kantor Gubernur Riau, Pekanbaru, Jumat.

Keyakinan gubernur Riau itu bukan tidak beralasan, karena menurutnya, penyelenggaraan ISG sudah disiapkan jauh-jauh hari oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dengan berbagai program yang sudah berjalan.

Semuanya sudah tersistem dan telah masuk di dalam rancangan-rancangan yang sudah ditetapkan, demikian juga dengan sejumlah kebijakan persiapan ISG yang telah ditetapkan semasa Andi menjabat tentu akan terus berlanjut.

"Menteri kan bukan pribadi, tetapi kelembagaan dan saya yakin tidak berpengaruh. Apalagi di Riau sebagai tuan rumah, hanya lebih kepada tempat penyelenggaraannya saja," ujarnya.

Terkait pengaruhnya terhadap anggaran untuk penyelenggaraan ISG, lagi-lagi beliau optimis jika permasalahan itu tidak akan terjadi, karena semuanya sudah disusun di Kemenpora.

"Kemenpora tetap ada dan menteri tidak pernah tidak ada. Menteri ada, hanya personalnya saja. Jadi walaupun beliau hari ini mengundurkan diri, hanya sebagai tanggungjawab beliau. Tetapi menteri itu tetap ada. Samalah seperti saya, walau ke mana-mana, gubernur tetap ada di sini," katanya.

Seperti diketahui, Andi Alfian Mallarangeng menyatakan mengundurkan dari jabatannya sebagai Menpora.

Pengunduran diri Andi tersebut, pascastatusnya ditetapkan sebagai saksi oleh KPK, sehingga beliau dilarang untuk bepergian ke luar negeri terkait kasus dugaan korupsi proyek Hambalang.

Selanjutnya, Presiden SBY menunjuk Menko Kesra Agung Laksono sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menpora.
(M046)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012