Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Eko Prasetyanto Purnomo Putro mendorong para aparatur sipil negara (ASN) muda di Ditjen Bina Pemdes terus meningkatkan kapasitas, terutama di bidang penyelenggaraan pemerintahan desa.

"Saya berharap banyak pada generasi muda ini. Saya sudah menyuarakannya. Ke depan ini, kegiatan tahunan, setiap tahun ada pendidikan peningkatan kapasitas. Ini sebagai sebuah cara untuk meningkatkan kapasitas," ujar Eko, sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis yang diterima di Jakarta.

Hal tersebut dia sampaikan saat memberikan arahan dalam sesi penutupan kegiatan Peningkatan Kapasitas Kader ASN di Lingkup Ditjen Bina Pemdes Tahun Anggaran 2023, di Kantor Balai Pemdes di Lampung, Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Kamis.

Baca juga: Dirjen Bina Pemdes: Sinergi kunci majukan desa

Baca juga: Kemendagri harap kepala desa terus berinovasi bangun daerah


Berikutnya, Eko menyampaikan ASN muda juga perlu berupaya keras dan mengambil sejumlah langkah konkret agar dapat menjadi sosok andalan bagi Ditjen Bina Pemdes.

"Perlu upaya keras dan langkah konkret yang harus dilakukan generasi muda yang akan menjadi andalan bagi Ditjen Bina Pemdes," kata dia.

Menurut Eko, dalam pelatihan yang digelar pada 3-6 April 2023, pihaknya telah memberikan materi seputar penyelenggaraan pemerintahan desa agar para ASN yang menjadi peserta mampu memahami detail tentang substansi penyelenggaraan pemerintahan desa.

"Kami telah memberikan berbagai materi dasar yang menyangkut perencanaan pembangunan desa, manajemen pemerintahan desa, pengelolaan keuangan desa, dan peraturan desa dengan berbagai tenaga pengajar yang kompeten," ucap dia.

Ke depannya, Eko mengharapkan ASN Ditjen Bina Pemdes yang sudah dilatih itu bisa terus belajar meningkatkan kemampuan tanpa terpengaruh jam kerja.

"Saya harapkan para peserta sekembalinya dari sini bisa menjadi kader ASN yang andal dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan dalam membina pemerintahan desa. Selamat belajar dan berjuang untuk menjadi kader ASN yang berdedikasi, tanggap, serta mampu berpegang teguh pada aturan dan prosedur yang berlaku," imbau dia.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023