Jakarta (ANTARA) - Setelah enam bulan kematiannya, manajer rapper asal Amerika Coolio menyatakan bahwa sang artis meninggal karena obat fentanil.

Menurut laporan yang disiarkan Variety, Kamis (6/4), keluarga Coolio juga mengatakan dia memiliki jejak heroin dan metamfetamin dalam sistemnya tubuhnya.

Coolio meninggal pada 28 September 2022 pada usia 59 tahun. Rapper, produser dan aktor pemenang Grammy itu ditemukan meninggal di rumah seorang temannya.

Penyebab kematian Coolio tidak segera diketahui pada saat itu, meski belakangan diyakini bahwa ia menderita serangan jantung.

Baca juga: Rapper Tekashi 6ix9ine dipukuli sekelompok pria di kamar mandi gym

Coolio terkenal karena hitnya tahun 1995 bertajuk “Gangsta's Paradise", lagu untuk film "Dangerous Minds" yang dibintangi oleh Michelle Pfeiffer. Lagu itu dengan cepat menjadi salah satu lagu rap paling populer sepanjang masa, memuncaki Billboard Hot 100 selama tiga minggu dan mengakhiri tahun 1995 sebagai single nomor satu tahun itu di Amerika Serikat.

Pada tahun 1996, "Gangsta's Paradise" dinominasikan untuk rekor tahun itu dan penampilan solo rap terbaik di Penghargaan Grammy. Coolio membawa pulang piala untuk kategori penampilan solo rap terbaik.

Di luar musik, Coolio juga seorang aktor dan tokoh TV. Dia sempat muncul dalam serial seperti "The Nanny" dan "Sabrina the Teenage Witch" serta reality show seperti "Celebrity Big Brother".

Tak hanya itu, dia juga diketahui sangat menyukai makanan. Oleh sebab sang rapper merilis buku masaknya sendiri "Cookin' With Coolio" pada tahun 2009 dan berkompetisi di serial Food Network "Rachael vs. Guy: Celebrity Cook-Off," di mana dia menempati posisi kedua.

Baca juga: Rapper Gangsta Boo meninggal dunia dalam usia 43 tahun

Baca juga: Rapper 50 Cent panaskan rumor muncul di GTA 6


Penerjemah: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023