Jakarta (ANTARA) -
Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menggandeng Dewan Masjid Indonesia (DMI) merevitalisasi 21 masjid dan mushalla yang ada di terminal se-Jabodetabek selama Ramadhan 2023.
 
"Sebagai bentuk pelaksanaan program kemaslahatan pada asnaf sarana dan prasarana ibadah, BPKH menyalurkan bantuan revitalisasi 21 masjid dan mushalla di terminal se-Jabodetabek," ujar Kepala Badan Pelaksana BPKH Fadlul Imamsyah dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.
 
Fadlul mengatakan BPKH menyiapkan anggaran sebesar Rp1,6 miliar untuk revitalisasi 21 masjid dan mushalla tersebut. Revitalisasi telah rampung dilaksanakan, sehingga pemudik dapat langsung memanfaatkannya.

Baca juga: Safari Haji BPKH, Menebar Manfaat untuk Maslahat
 
Dalam pelaksanaannya, BPKH dan DMI bekerja sama dengan Dirjen Perhubungan Darat untuk dapat memberikan rekomendasi masjid dan mushalla yang layak dilakukan revitalisasi, terutama dalam membantu arus mudik.
 
"Alhamdulillah, telah diselesaikan proses revitalisasi dengan berbagai pekerjaan perbaikan, sehingga pada saat arus mudik nanti masjid dapat digunakan dan bermanfaat untuk para pemudik yang melakukan perjalanan menuju kampung halamannya," kata dia.
 
Menurut dia, bantuan itu bersumber dari nilai manfaat hasil pengembangan Dana Abadi Umat (DAU) yang digunakan sepenuhnya untuk kemaslahatan umat, yang nilai pokoknya tetap ada dan terus bertambah.

Baca juga: BPKH beri bantuan Al Quran dan kado Ramadhan senilai Rp15 miliar
 
"Dengan demikian, tidak ada dana setoran awal yang digunakan untuk kegiatan kemaslahatan. Semoga kehadiran program kemaslahatan ini dapat menjadi manfaat untuk memberikan kemudahan bagi umat," katanya.
 
Sementara itu, Ketua Umum DMI Jusuf Kalla (JK) mengapresiasi langkah BPKH yang merevitalisasi masjid dan mushalla. Menurut dia, perbaikan ini akan sangat bermanfaat bagi para pemudik.
 
"Sebagaimana kita ketahui, terminal adalah tempat para musafir menunaikan ibadah wajibnya lewat jama maupun qasar, apalagi jelang musim mudik ini," kata JK.

Baca juga: BPKH sediakan ribuan kuota arus balik 2023
 
Ia menambahkan bahwa perhatian terhadap rumah ibadah khususnya masjid dan mushalla perlu didukung. Apalagi, masjid dan mushalla di Indonesia terus berkembang pesat.
 
JK juga mendoakan agar BPKH yang mengelola dan mengurus dana umat terus berkembang, sehingga dapat memberi manfaat dan menebar kemaslahatan bagi umat ke arah yang lebih luas.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023