Cirebon (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, mencatat penumpang kereta api pada Kamis (20/4) tembus 13.522 orang dan ini menjadi puncak masa angkutan Lebaran 2023.

"Untuk yang turun ada 9.116 orang, sedangkan yang naik 4.406, sehingga totalnya ada 13.522 penumpang," kata Manajer Humas KAU Daop 3 Cirebon Ayep Hanapi di Cirebon, Kamis.

Ayep mengatakan pada Kamis (20/4) di Daop 3 Cirebon, menjadi puncak kedatangan penumpang dari berbagai daerah, dan yang terbanyak memang dari Jakarta dengan KA Argo Cheribon.

Menurut dia, hingga volume penumpang yang turun dari kereta api di seluruh stasiun wilayah kerja PT KAI Daop 3 Cirebon mencapai 9.116 orang. Jumlah tersebut merupakan yang tertinggi pada masa arus mudik Lebaran tahun 2023.

Ia menjelaskan untuk volume penumpang yang naik kereta api di seluruh stasiun di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon mencapai 4.406 orang.

"Kami memprediksi jumlah penumpang yang naik dan turun dari kereta api di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon bakal terus bertambah," tuturnya.

Ayep menambahkan dari 13 stasiun yang berada di wilayah Daop 3 Cirebon, Stasiun Cirebon menjadi favorit para penumpang untuk naik dan turun dari kereta api selama masa angkutan Lebaran 2023.

Ayep menyampaikan, hingga Kamis siang atau H-2 Lebaran, jumlah penumpang yang naik dan turun di Stasiun Cirebon mencapai 5.175 orang.

"Stasiun Cirebon masih menjadi yang terfavorit untuk masyarakat turun maupun naik kereta api," katanya.

Ia mengimbau kepada para pengguna jasa untuk tetap menaati protokol kesehatan, karena hingga saat ini penumpang masih wajib menggunakan masker, dan juga vaksinasi penguat.***1***

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023