BNI memperkirakan volume penggunaan kartu TapCash akan meningkat di berbagai sarana transportasi yang digunakan untuk mudik seperti jalan tol, kereta listrik, maupun tempat parkir
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk memperkirakan terjadi peningkatan signifikan untuk pemakaian kartu TapCash pada Idul Fitri 1444 Hijriah.

“BNI terus memastikan infrastruktur yang dimiliki siap untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi maupun untuk isi ulang saldo TapCash,” ujar Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo dalam keterangan resmi di Jakarta, Minggu.

Hari Lebaran dianggap sebagai momen tahunan dimana masyarakat yang tinggal di Ibu Kota pulang ke kampung halaman di berbagai daerah.

Pergerakan masyarakat dalam momen tersebut dinilai mendorong banyak transaksi kartu elektronik untuk beragam pembayaran non tunai, baik saat di perjalanan maupun setelah sampai tempat tujuan untuk kebutuhan plesir.

“BNI memperkirakan volume penggunaan kartu TapCash akan meningkat di berbagai sarana transportasi yang digunakan untuk mudik seperti jalan tol, kereta listrik, maupun tempat parkir,” ungkapnya.

Selain itu, perseroan memperkirakan peningkatan transaksi TapCash di berbagai merchant pendukung seperti merchant minimarket.

Menurut Okki, BNI terus berupaya memudahkan nasabah dalam mengisi ulang atau top up saldo TapCash di mana pun mereka berada, mengingat tingginya kebutuhan nasabah terhadap TapCash.

“Nasabah dapat melakukan pengisian saldo dengan mudah di ponsel masing-masing, dengan dukungan aplikasi BNI Mobile Banking dan TapCash Go, dan berbagai channel BNI maupun mitra seperti Agen46 dan mitra peritel mini market. Tentunya nasabah dapat bertransaksi dengan aman dan mudah menggunakan TapCash di berbagai merchant penunjang transaksi selama mudik 2023,” kata dia

Per Maret 2023, transaksi kartu TapCash meningkat sebesar 50 persen year on year (YoY).

Peningkatan transaksi ini dipengaruhi sejumlah faktor. Pertama, lanjut Okki, BNI baru saja merilis TapCash edisi spesial yaitu TapCash edisi NCT 127, seiring dengan animo yang sangat besar dari komunitas K-POP di Indonesia yang berhasil menyumbang peningkatan transaksi kartu TapCash.

Kedua, BNI disebut melakukan ekspansi ke berbagai merchant baru seperti merchant Food&Beverage maupun entertainment.

Pada 2023, BNI menargetkan TapCash aktif digunakan di jalan tol sekaligus untuk berbagai kebutuhan lainnya seperti parkir.

Ketiga, perseroan telah melakukan serangkaian pengembangan untuk TapCash. Misalnya, pemberian kemudahan dalam melakukan TopUp melalui handphone pribadi dengan aplikasi BNI Mobile Banking, TapCash Go, maupun aplikasi mitra BNI.

Dengan serangkaian terobosan itu, Okki menambahkan bahwa pihaknya menargetkan peningkatan transaksi TapCash lebih dari 60 persen pada di tahun ini.

"Terlebih, kami saat ini tengah melakukan ekspansi co-branding dengan berbagai lembaga perbankan daerah (BPD) maupun dompet digital. Tentunya, melalui ekspansi ini BNI berperan sebagai enabler transaksi TapCash untuk berbagai lembaga perbankan daerah tersebut," ujar dia.

Baca juga: BNI terbitkan kartu TapCash spesial desain NCT 127 "2 Baddies"

Baca juga: BNI siagakan ribuan Agen 46 layanan transaksi perbankan libur Lebaran

Baca juga: BNI siagakan 98 cabang di daerah sasaran mudik selama Lebaran


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023