di lokasi sejumlah titik wisata yang dijaga, sama sekali tidak ada gangguan kamtibmas dan hal-hal yang selama ini dikhawatirkan sama sekali tidak ada terjadi,
Palangka Raya (ANTARA) - Sejumlah lokasi wisata di Palangka Raya hingga H+3 Hari Raya Idul Fitri terus dilakukan penjagaan petugas Kepolisian setempat sehubungan terjadi peningkatan kunjungan selama liburan panjang.

Kepala Satuan Sabhara Polresta Palangka Raya AKP Gatood Sisworo di Palangka Raya, Senin mengatakan selama libur Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah masyarakat yang mengunjungi sejumlah titik wisata di daerah setempat berjalan dengan lancar dan tidak ada gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

"Dari hasil pemantauan anggota kami di lokasi sejumlah titik wisata yang dijaga, sama sekali tidak ada gangguan kamtibmas dan hal-hal yang selama ini dikhawatirkan sama sekali tidak ada terjadi," katanya.

Gatood menjelaskan, tidak hanya itu anggota yang di sebar di seluruh lokasi wisata juga selalu mengimbau kepada seluruh pengunjung dan pengelola wisata agar selalu memperhatikan keselamatan di tempat wisata.

"Terutama pengunjung yang menggunakan kapal untuk susur sungai. Jangan sampai pengelola kapal susur sungai tidak memperhatikan kapasitas isi dalam kapal susur sungai, sehingga kapal tersebut berpotensi membahayakan bagi pengunjung atau penumpang kapal di dalamnya," ucapnya.

Lokasi wisata yang menjadi pantauan kepolisian setempat yakni, Susur Sungai Air Hitam Dermaga Kereng Bangkirai yang terletak di kawasan Kecamatan Sabangau. Kemudian Taman Wisata Alam (TWA), Agro Manasa, Matan Andau dan Surung Danum yang terletak satu arah dan satu kecamatan yakni di Kecamatan Bukit Batu Palangka Raya.

"Anggota yang bertugas di lokasi setempat, juga sering melaksanakan patroli ke lokasi pengunjung wisata tersebut. Selain menjaga kamtibmas personel kita juga selalu mengimbau kepada pengunjung untuk berhati-hati ketika sedang menikmati liburan di lokasi wisata setempat," ungkapnya.

Sebelum mengakhiri perbincangannya dengan awak media, Perwira Polri berpangkat balok tiga tersebut menambahkan, untuk arus lalu lintas di sekitar sejumlah lokasi wisata yang menjadi tujuan berliburnya warga sama sekali tidak ada terjadi kemacetan.

"Namun pengaturan jalur menuju lokasi wisata juga diarahkan oleh tim gabungan yang tergabung di Operasi Ketupat Telabang 2023 yang selalu siap siaga berjaga-jaga di pos pelayanan yang berada di dekat lokasi objek wisata tersebut," demikian Gatood.
Baca juga: Ribuan warga kunjungi wisata Matan Andau Palangka Raya
Baca juga: Palangka Raya perketat pengawasan objek wisata pada libur Lebaran
Baca juga: Jasa penyewaan mobil di Palangka Raya "banjir" pelanggan

Pewarta: Adi Wibowo
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023