Jakarta (ANTARA) - Pelabuhan Tanjung Priok yang berlokasi di Jakarta Utara mempunyai ruang bermain anak yang bisa digunakan para calon penumpang sembari menunggu keberangkatan kapal laut.
 
"Fasilitas ini memberikan kenyamanan bagi calon penumpang yang memiliki anak," kata Petugas Pos Koordinasi Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Pelabuhan Tanjung Priok, Sindak Sirait, saat ditemui di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa.
 
Terdapat perosotan, ayunan, kursi, dan meja berukuran mini yang dilengkapi dengan karpet busa pada fasilitas bermain anak tersebut. Selain itu, ada pula taman baca hingga jaringan internet gratis tanpa kunci yang bisa dimanfaatkan oleh calon penumpang.
 
Pelabuhan Tanjung Priok yang dikelola perusahaan pelat merah PT Pelindo (Persero) ini tampak tertata rapi. Setiap penumpang yang hendak berangkat maupun datang harus melewati mesin pemindai sinar X untuk memeriksa barang-barang mereka.

Baca juga: 1.073 penumpang berlayar dari Pelabuhan Tanjung Priok pada H+3 Lebaran

Baca juga: Kisah keluarga pemilir bermalam sepekan di Pelabuhan Tanjung Priok


Total ada tiga unit mesin sinar X yang dipasang dengan rincian dua mesin pada pintu keberangkatan dan satu mesin pada pintu kedatangan.
 
Selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2023, suasana pelayaran para penumpang  terpantau landai di Pelabuhan Tanjung Priok.
 
Pada 24 April 2023, jumlah penumpang yang naik dan turun tercatat hanya ada 896 orang dari dua kapal laut. Pada 25 April 2023, volume penumpang naik dan turun sebanyak 1.073 orang yang juga menggunakan dua kapal laut.
 
Berdasarkan data akumulasi yang dikumpulkan sejak 7 April 2023 sampai 25 April 2023, pukul 13.30 WIB, total penumpang naik dan turun mencapai 29.872 orang yang menaiki 31 kapal laut. Angka itu melesat 71,32 persen bila dibandingkan data akumulasi tahun lalu yang hanya berjumlah 17.436 orang.
 
Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok memperkirakan puncak arus balik melalui jalur laut berlangsung mulai 26 April 2023 sampai 1 Mei 2023 mendatang.

Pada Rabu (26/4), pukul 07.00 WIB, KM Dobonsolo yang mengangkut penumpang mudik gratis dijadwalkan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok. Kapal itu mengangkut 720 penumpang dan 310 unit sepeda motor dari Pelabuhan Tanjung Mas di Semarang, Jawa Tengah.

Selain KM Dobonsolo, ada dua kapal yang juga dijadwalkan tiba pada Rabu besok, yaitu KM Umsini dari Pelabuhan Kijang di Kepulauan Riau dan KM Kelud yang berlayar dari Pelabuhan Batu Ampar di Batam.*

Baca juga: Polres Pelabuhan Tanjung Priok hibur anak-anak korban kebakaran

Baca juga: Kapal Nggapulu tiba lebih awal di Pelabuhan Tanjung Priok

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023