Bengaluru (ANTARA) - Saham Inggris melemah pada awal perdagangan Jumat, dengan indeks FTSE 100 jatuh untuk hari kelima berturut-turut, karena saham pertambangan merosot, mengikuti harga tembaga yang lebih lemah, meskipun kenaikan di sektor keuangan membatasi kerugian.

Indeks saham-saham unggulan atau blue-chips FTSE 100 yang berorientasi ke pasar ekspor turun 0,1 persen pada pukul 07.14 GMT., sedangkan indeks saham-saham berkapitalisasi sedang atau mid-caps FTSE 250 yang berorientasi ke pasar domestik naik 0,3 persen.

Sektor asuransi jiwa terangkat 1,7 persen, dipimpin oleh kenaikan 3,3 persen di Prudential setelah membukukan kenaikan 30 persen dalam keuntungan bisnis barunya.

Penambang logam dasar memimpin kerugian, tergelincir 1,6 persen dan berada di jalur penurunan mingguan terbesar dalam sebulan.

NatWest melaporkan laba kuartalan yang lebih baik dari perkiraan, meskipun prospek ekonomi Inggris suram. Namun sahamnya kehilangan 5,8 persen karena pemberi pinjaman itu membukukan arus keluar simpanan sebesar 19,8 miliar pound.

Pearson meningkat 2,8 persen setelah kelompok pendidikan itu mengatakan berada di jalur yang tepat untuk memenuhi panduan tahunannya, dan juga menghasilkan efisiensi biaya 120 juta pound (150 juta dolar AS) tahun ini.

Numis Corp melonjak 67,2 pere=sen setelah Deutsche Bank mengatakan akan membeli pialang saham institusional dan penasihat perusahaan yang berbasis di London itu dengan harga sekitar 410 juta pound (511,2 juta dolar AS).

Baca juga: Wall Street reli karena laba emiten imbangi kekhawatiran ekonomi
Baca juga: Saham Asia dibuka lebih tinggi jelang keputusan kebijakan BoJ
Baca juga: Yen merosot setelah BoJ pertahankan suku bunga sangat rendah

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023