kami langsung bergerak membersihkan
Jakarta (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup Pemprov DKI Jakarta memastikan Ibu Kota akan tetap bersih usai peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day, Senin.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Asep Kuswanto dalam keterangan tertulis di Jakarta, mengatakan bahwa ia telah menugaskan setiap Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi untuk memastikan penanganan sampah di lokasi aksi buruh di wilayahnya masing-masing.

“Begitu usai aksi buruh, kami langsung bergerak membersihkan,” kata Asep. 

Asep memaparkan, aksi buruh terkonsentrasi di Jalan Medan Merdeka Utara dan sekitarnya.

Oleh karena itu, pihaknya mengerahkan 150 petugas kebersihan, 10 mobil penyapu jalan otomatis (street sweeper)​, 10 truk sampah jenis truk jungkit (dump truck) dan lima mobil penjemput barang lintas.

Baca juga: Bersihkan sampah di Patung Kuda, DLH DKI kerahkan 135 personel
 
Sementara itu, Dinas Lingkungan Hidup mengerahkan 100 petugas kebersihan, lima truk jungkit, 12 mobil barang lintas dan empat penyapu jalan otomatis untuk buruh di sekitar Gelora Bung Karno (GBK) dan Gedung MPR/DPR.
 
“Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan berbagi tugas menanganinya bersama petugas penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU) kelurahan terkait,” ujar Asep.
 
Sedangkan acara peringatan Hari Buruh Internasional di Jakarta Utara digelar di GOR Rawa Badak.

Asep mengungkapkan, Sudin LH Jakarta Utara mengerahkan 100 petugas kebersihan dan armada berupa dua truk sampah jenis truk jungkit besar, lima mobil barang lintas, tiga unit bus toilet, satu tangki air bersih,  satu tangki air kotor, dan tiga gerobak motor untuk melakukan penanganan sampahnya.
 
Kemudian, Dinas Lingkungan Hidup juga mengadakan uji emisi gratis untuk kendaraan berbahan bakar solar dan bensin, sosialisasi peraturan lingkungan yang berkaitan dengan perusahaan, konsultasi pengelolaan limbah B3 industri, dan pembagian bibit pohon di GOR Rawa Badak.

Baca juga: Pemkot ingin buruh padati Stadion Rawa Badak Utara saat Hari Buruh

Terakhir, Asep menegaskan bahwa Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta terus bersiaga dari sebelum sampai kegiatan aksi buruh usai.

“Ini untuk memastikan Ibu Kota tetap bersih setelah aksi buruh,” kata Asep.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023