Jangan terprovokasi pihak-pihak yang ingin mencederai
Jakarta (ANTARA) - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) meningkatkan pengamanan aksi buruh pada Hari Buruh Internasional atau "May Day 2023" demi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Jangan terprovokasi pihak-pihak yang ingin mencederai perjuangan buruh, Polri siap mengamankan," kata Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo secara daring, di Jakarta, Senin.

Listyo menyatakan pihaknya akan terus meningkatkan pengamanan mulai dari mengerahkan personel selama kegiatan, mengamankan arus lalu lintas, hingga memastikan massa tidak berbuat tindakan kriminal selama kegiatan tersebut.

Dengan demikian, pihaknya berharap adanya Hari Buruh Internasional ini bisa membuka ruang dan menyejahterakan buruh agar tidak terprovokasi pihak lain yang tak bertanggung jawab.

Sejak pukul 10.05 WIB, aparat kepolisian sudah berjaga dari pintu masuk Gelora Bung Karno hingga gedung Istora Senayan guna menjalankan pengamanan agar aksi buruh berjalan tertib dan lancar.

Baca juga: Pemprov DKI pastikan Ibu Kota tetap bersih usai aksi "May Day"

Massa buruh tidak diperbolehkan merokok saat aksi memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) di dalam Istora Senayan, Jakarta Pusat.

Peringatan Hari Buruh Internasional pada Senin (1/5) berlangsung dengan beberapa titik kumpul, dimulai dari Balai Kota dilanjutkan ke Istana Merdeka dan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), hingga Istora Senayan dengan menggelar kegiatan "May Day Fiesta 2023".

Sebelumnya, Polda Metro Jaya akan mengerahkan sebanyak 4.200 personel gabungan untuk pengamanan peringatan Hari Buruh atau May Day yang rencananya akan diselenggarakan pada Senin (1/5).

"Sekitar 4.200, itu yang tergelar di lapangan, yang lain pun seperti Kodam Jaya menyiapkan 3.500 yang 'stand by on call'," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto saat ditemui di gedung DPR RI, Jakarta, Jumat.

Hal tersebut disampaikan Karyoto saat rapat bersama para pemangku kepentingan terdiri dari TNI, Polri, ASN hingga Satpol PP untuk persiapan menghadapi perayaan Hari Buruh.

Baca juga: Lalu lintas di area Patung Kuda sudah mulai lancar

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023