Bandung (ANTARA) -
Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bandung menyebut ada sebanyak 39 atlet asal Kota Bandung, Jawa Barat, ikut dikirim menjadi kontingen Indonesia dalam ajang SEA Games ke-32 Kamboja 2023.
 
Ketua KONI Kota Bandung Nuryadi mengatakan 39 atlet itu berasal dari berbagai cabang olahraga. Selain itu juga  ada 11 orang pelatih, 7 orang ofisial, dan 9 wasit atau juri dari Kota Bandung yang ikut berangkat ke Kamboja.
 
"Kami (KONI Kota Bandung) Insya Allah berangkat menuju ke sana itu tanggal 6 Mei, mudah-mudahan tidak lama, itu hanya perwakilan saja," kata Nuryadi di Bandung, Jawa Barat, Selasa.
 
Secara total, menurutnya ada 66 orang dari Kota Bandung yang terdiri dari atlet, pelatih, ofisial, dan wasit yang dikirim untuk SEA Games. Angka itu, kata dia, bertambah karena pada SEA Games sebelumnya hanya ada 54 orang dari Kota Bandung yang dikirim.
 
Namun, dia menilai atlet dari Kota Bandung seharusnya bisa lebih banyak yang dikirimkan ke Kamboja. Pasalnya, kata dia, Kota Bandung memiliki atlet cabang olahraga dayung yang tidak bisa tampil karena pengaruh tuan rumah.
 
"Seharusnya tampil, ada atlet dayung, tapi sekarang (cabang olahraga dayung) tidak ada. Itu karena pengaruh tuan rumah, pengaruh tuan rumah menentukan nomor dan cabang olahraga itu sangat kuat," katanya.
 
Secara umum, pihaknya mengaku tidak menargetkan emas bagi para atlet dari Kota Bandung itu. Tetapi, kata dia, dia pun meminta para atlet itu menampilkan usaha yang maksimal demi mengharumkan Kota Bandung, ataupun Indonesia.
 
"Harapannya tentu saja sesuai dengan arahan pak Sekda bahwa atlet Kota Bandung, termasuk para atlet dan ofisial lainnya harus berkontribusi positif untuk kepentingan negara," kata Nuryadi.
 
Sementara itu, Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna berharap para atlet Kota Bandung yang mewakili Indonesia dapat memberikan prestasi yang maksimal dengan meraih medali.
 
"Kami doakan para duta olahraga selalu dalam keadaan sehat dan lancar berada pada top performance. Saya yakin ini orang pilihan melalui proses yang kompetitif yang akan memberikan nama baik Kota Bandung dan Indonesia," kata Ema.
 
Sebagai bentuk apresiasi, kata Ema, Pemkot Bandung juga akan memberikan uang bonus atau kadedeuh bagi para atlet yang berprestasi pada berbagai ajang olahraga.
 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023