Jakarta (ANTARA) - Perdana Menteri Kamboja Hun Sen resmi membuka pesta olahraga Asia Tenggara SEA Games ke-32 2023 dalam upacara pembukaan yang digelar di Stadion Nasional Morodok Techo, Phnom Penh, Jumat.

Usai menyatakan SEA Games Kamboja resmi dibuka, Perdana Menteri Hun Sen ikut serta dalam torch relay di dalam stadion.

Api obor SEA Games 2023 tiba di stadion diterima oleh Presiden SEA Games Federation Thong Kho, yang kemudian diserahkan kepada Ketua Penyelenggara SEA Games ke-32 Kamboja Samdech Pichey Sena Tea Banh.

Obor api tersebut diserahkan ke Perdana Menteri Hun Sen untuk kemudian dilanjutkan oleh para atlet, dengan peraih medali emas taekwondo pada Asian Games 2014 Sorn Seavmey sebagai pembawa obor terakhir untuk menyulut kaldron api SEA Games Kamboja.

Baca juga: Gemerlap keindahan Negeri Khmer disajikan di pembukaan SEA Games 2023

Upacara pembukaan SEA Games Kamboja juga dihadiri oleh Wakil Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Ser Miang. Dia mengapresiasi Kamboja sebagai tuan rumah SEA Games ke-32.

"Mari kita rayakan ini melalui olahraga, mempromosikan perdamaian, dan menjalin persahabatan," ujar Ser Miang.

"Terima kasih kepada masyarakat Kamboja atas kebaikan Anda yang hangat dan keramahtamahan yang luar biasa dan saya berharap Anda terus makmur dan bahagia di bawah kepemimpinan Perdana Menteri."

"Kepada para atlet kita, semoga sukses di olahraga masing-masing. Dan, semoga Anda bersaing di bawah bimbingan nilai-nilai Olimpiade mengenai persahabatan dan rasa hormat."

"Dan untuk semuanya, saya berharap Anda mendapatkan pengalaman menyaksikan pertandingan Asia Tenggara yang mengesankan dan spektakuler, seperti pembukaan yang sangat luar biasa dan mengesankan malam ini," imbuhnya.

Baca juga: Pakaian adat daerah Indonesia hiasi upacara pembukaan SEA Games 2023

Upacara pembukaan SEA Games 2023 dimulai pukul 19.00 waktu Kamboja (tidak berbeda dari WIB). Acara pembukaan menyajikan seni pertunjukan yang sarat tradisi Kamboja.

Pada upacara pembukaan SEA Games tahun ini, para atlet dari anggota ASEAN membawa bendera nasional mereka serta tampil dengan mengusung nilai dari negara masing-masing di hadapan ribuan pasang mata yang memadati stadion berkapasitas 60 ribu kursi itu.

Perenang putri Flairene Candrea Wonomiharjo mendapat kesempatan besar memimpin kontingen Indonesia dengan membawa bendera Merah Putih pada defile upacara pembukaan SEA Games Kamboja.

Indonesia mengirim 599 atlet yang terdiri dari 379 putra dan 220 putri. Skuad Merah Putih akan bersaing pada 31 cabang olahraga dari total 36 yang dipertandingkan atau dilombakan.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menargetkan kontingen Indonesia dapat menyabet lebih dari 69 medali emas dan menduduki peringkat 1 atau 2 di SEA Games ke-32 Kamboja 2023 agar mendapat pencapaian yang lebih baik dibanding SEA Games ke-31 di Vietnam.

Baca juga: Cuaca terik tak surutkan semangat penonton pembukaan SEA Games

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023