Moskow (ANTARA) - Rubel Rusia melemah pada awal perdagangan Senin, meluncur ke titik terendah sejak awal Mei terhadap dolar, di bawah tekanan dari harga minyak yang rendah, berkurangnya pasokan mata uang asing dan prospek lebih banyak sanksi terhadap Moskow.

Pada pukul 07.49 GMT, rubel merosot 1,7 persen terhadap menjadi diperdagangkan dolar pada 79,25, titik terlemah sejak 4 Mei. Rubel kehilangan 1,7 persen untuk diperdagangkan pada 86,25 versus euro dan anjlok 2,3 persen terhadap yuan menjadi diperdagangkan pada 11,38.

Para pemimpin negara-negara Kelompok Tujuh (G7) berencana untuk memperketat sanksi terhadap Rusia pada pertemuan puncak mereka di Jepang minggu ini, dengan langkah-langkah yang ditujukan untuk energi dan ekspor yang membantu upaya militer Moskow di Ukraina, kata para pejabat yang mengetahui langsung diskusi tersebut.

Orang-orang mengatakan langkah-langkah baru akan menargetkan penghindaran sanksi yang melibatkan negara ketiga, dan berusaha merusak produksi energi masa depan Rusia dan mengekang perdagangan yang mendukung militer Rusia.

"Tidak ada yang menakutkan dalam (sanksi yang akan diumumkan oleh Barat)," kata Alor Broker dalam sebuah catatan. "Tapi untuk saat ini faktor ini secara psikologis membebani aset rubel."

Minyak mentah Brent, patokan global untuk ekspor utama Rusia, naik 0,1 persen menjadi 74,21 dolar AS per barel, mendekati level terendah 10 hari.

Pasokan mata uang asing yang lebih rendah juga dapat menghambat rubel, kata kepala analis Banki.ru Bogdan Zvarich, meskipun tekanan ke bawah secara bertahap akan mereda karena eksportir bersiap untuk membayar pajak menjelang akhir bulan.

Indeks saham Rusia beragam. Indeks RTS berdenominasi dolar turun 0,7 persen menjadi diperdagangkan pada 1.030,7 poin. Indeks MOEX Rusia berbasis rubel naik 1,1 persen menjadi diperdagangkan pada 2.594,5 poin.

Baca juga: Dolar naik ke tertinggi 5 minggu karena khawatir inflasi, lira jatuh
Baca juga: Rupiah diperkirakan melemah tertekan kenaikan imbal hasil obligasi AS
Baca juga: Yuan tergelincir 173 basis poin menjadi 6,9654 terhadap dolar AS

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023