LoF ini akan memberikan dukungan pada PT SMI untuk mengakses sumber pendanaan alternatif guna membiayai pembangunan nasional. LoF ini sekaligus mendukung ekosistem pembiayaan syariah di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastrutkur (SMI) Edwin Syahruzad dan Vice President Operations Islamic Development Bank (IsDB) Mansur Muhtar menandatangani dokumen terkait komitmen IsDB memberikan Line of Financing Facility (LoF) kepada PT SMI sebesar 100 juta dolar AS.

“LoF ini akan memberikan dukungan pada PT SMI untuk mengakses sumber pendanaan alternatif guna membiayai pembangunan nasional. LoF ini sekaligus mendukung ekosistem pembiayaan syariah di Indonesia,” kata Edwin dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa.

PT SMI dan IsDB akan bersama-sama mengkatalisasi pembangunan infrastruktur di Indonesia melalui instrumen pendanaan berbasis syariah.

Penandatanganan itu dilakukan di Jeddah, dalam rangkaian kegiatan IsDB Annual Meeting ke-48 pada 10-13 Mei 2023.

Selain itu, penandatanganan LoF ini juga merupakan bentuk tindak lanjut dari Memorandum of Understanding antara PT SMI dan IsDB pada Presidensi G20 Indonesia 2022.

“Kerja sama dengan IsDB telah terjalin cukup lama, khususnya dalam meningkatkan inklusifitas keuangan syariah terhadap pembangunan proyek-proyek infrastruktur di Indonesia,” katanya.

Melalui ekosistem pembiayaan syariah yang akan terus dikembangkan bersama IsDB, PT SMI berharap dapat menarik sumber pendanaan syariah lainnya untuk bersama-sama mendukung agenda pembangunan prioritas nasional sehingga akan mengakselerasi pembangunan nasional.

Masih dalam kerangka LoF, kedua belah pihak juga akan menindaklanjuti kerja sama terkait potensi pembiayaan bertema transisi energi dengan menyediakan fasilitas pembiayaan berskema blended financing, salah satunya melalui Energy Transition Mechanism Country Platform.

Sebelumnya PT SMI ditunjuk oleh Kementerian Keuangan sebagai Country Platform ETM Manager pada Presidensi G20 Indonesia 2022.

“Selain itu, IsDB juga dapat secara bersama-sama dengan PT SMI melakukan co-financing terhadap proyek infrastruktur, baik yang dikembangkan oleh badan usaha maupun pemerintah daerah, serta mengembangkan produk pembiayaan syariah PT SMI, untuk meningkatkan ekosistem pembiayaan syariah,” ucapnya.

Baca juga: SMI siapkan skema khusus dorong pembangunan berkelanjutan di Indonesia

Baca juga: Kemenkeu siapkan PT SMI untuk dukung proyek IKN

Baca juga: PT SMI terlibat dalam pembiayaan 435 proyek infrastruktur sejak 2009


Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023