agar para pengunjung bisa beradu ketangkasan
Jakarta (ANTARA) - Kawasan Beach City International Stadium di Taman Impian Jaya Ancol memiliki berbagai sarana pemantik minat generasi muda Indonesia untuk betah berwisata di kawasan itu.

"Sarana wisata yang kami siapkan di antaranya olah raga layang-layang, jetski, perahu karet, sepeda listrik, hingga mobil listrik. Tujuannya, agar para pengunjung bisa beradu ketangkasan bersama anggota keluarga, terutama anak-anak," kata staf pengelola kawasan Beach City International Stadium David Constantine kepada wartawan di Jakarta Utara, Rabu.

David mengatakan olahraga layang-layang bisa diikuti setiap Ahad, dengan bimbingan instruktur ahli dari Asosiasi Penerbang Layang-Layang Indonesia Jakarta (Jak Kite Flyer Indonesia Associations).

Bermain layang-layang di lokasi itu membutuhkan bimbingan karena tidak semua bisa menerbangkan layang-layang jenis Nasa yang dipergunakan untuk berolah raga di sini.

Ketua Asosiasi Jak Kite Flyer Indonesia Rachmad Nugroho mengungkapkan, kesulitan menerbangkan tersebut terletak pada ukuran layang-layang yang besar yakni tiga hingga lima meter.

Baca juga: Pengunjung Ancol diajak coba sensasi jadi "DJ"

Jadi, karena alasan keamanan, pihaknya mesti mendampingi pengunjung yang berminat memainkan olahraga layang-layang itu.

"Kami tidak sewakan. Jadi, boleh pengunjung kalau berminat ikut berolah raga. Tidak semuanya bisa, karena alasan 'safety' (keamanan dan keselamatan)," kata Nugroho.

Terlebih lagi, lanjutnya, cukup berat sehingga tidak semua orang bisa. "Harus belajar dulu," lanjut pria berusia 72 tahun itu.

Seluruh layang-layang berbahan dasar kain ringan anti air (rip-stop). Jenis bahan ini memang sulit dicari di Indonesia.

Untuk mendapatkannya, pihaknya membeli dari luar negeri lewat jasa titip.

Baca juga: 700 ribu orang kunjungi Taman Impian Jaya Ancol saat libur Lebaran

Adapun bentuknya bermacam-macam seperti gambar monyet dan kuda laut serta memiliki mekanisme pengendalian menggunakan dua tangan.
​​​​​​​
"Selain itu, ada juga yang dibuat sendiri. Waktu pembuatan sekitar dua mingguan," kata Nugroho.

Cukup sulit
Nugroho juga mengaku, saat bermain layang-layang itu cukup sulit.

"Kedua tangan mesti terus aktif bergerak supaya terbangnya stabil," katanya.

Salah seorang pengunjung Ancol, Rifqi Ibnu mengaku cukup sulit mengendalikan layang-layang agar tetap terbang dengan stabil.

Baca juga: Dufan dan Sea World unit rekreasi paling diminati pengunjung Ancol

Dia sampai harus berulang kali menjejak tanah karena tubuhnya sampai ikut terangkat.

Saat menerbangkan layang-layang itu, Rifqi didampingi salah seorang anggota Jak Kite Flyer Indonesia Association bernama Erik Saputra (61).

Erik mengatakan bermain layang-layang untuk olah raga biasanya tidak bisa cukup sekali-dua kali coba. Minimal sepuluh kali, baru terbiasa.

Pria paruh baya ini sendiri mengaku sudah hobi bermain layang-layang sejak kecil.

Mobil listrik
Sementara itu wahana lain seperti sepeda dan mobil listrik disewakan 30 menit sekali dengan tarif Rp50 ribu.

Baca juga: Ancol sediakan kendaraan bagi lansia hingga penyandang disabilitas

Pengelola sepeda dan mobil listrik di kawasan Beach City International Stadium Robiansyah mengatakan terdapat 20 unit sepeda listrik untuk anak hingga dewasa dan lima unit mobil listrik yang bisa disewa khusus anak.

Baterai mobil listrik mampu mendukung pemakaian selama 150 menit (2,5 jam), sedangkan baterai sepeda listrik mampu bertahan untuk pemakaian selama 210 menit (3,5 jam).

Adapun jam pengoperasian jasa penyewaan sepeda dan mobil listrik itu dari pukul 09.00 sampai 20.00 WIB untuk hari biasa dan pukul 08.00 sampai 20.00 WIB untuk akhir pekan.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023