Jayapura (ANTARA News) - Persipura Jayapura berhasil mengandaskan perlawanan tim tamu Persela Lamongan dengan skor 2-0 di Stadion Mandala Jayapura, Papua, Minggu.

Kedua gol tim tuan rumah itu diborong oleh kapten Boas Salossa pada menit 2 babak pertama dan menit 88 babak kedua.

Gol pertama top skor Liga Super Indonesia 2011 itu lewat tendangan penalti, setelah salah satu pemain belakang Persela Lamongan menyentuh bola di kotak terlarang hasil sepakan keras Zah Rahan Krangar.

Wasit Oky Dwi Putra yang memimpin pertandingan langsung menghadiahkan tendangan penalti kepada "Mutiara Hitam".

Khoirul Huda yang menjaga gawang Persela Lamongan diperdayai dengan sempurna oleh pemain punggung 86, Boas Salossa. Skor 1-0 untuk Persipura, sedangkan Stadion Mandala Jayapura yang dipadati sekitar 20.000 penonton dan Persipuramania pun bergemuruh.

Sejak gol tersebut, anak asuh Jacksen F Thiago terus memborbardir pertahanan Persela Lamongan.

Persela Lamongan bukanya tidak punya peluang, seperti tendangan keras Inkyu On menit 15 dari sisi kanan pertahanan Persipura, namun masih jauh di atas mistar gawang yang dikawal oleh Yoo Jae Hoon.

Tendangan bebas Gustavo Lopes pada menit 36 yang sempat membuat kemelut di depan gawang Persipura, tidak berhasil dimanfaatkan oleh Mario Costas dan kawan-kawan.

Hingga perpanjangan waktu dua menit di babak pertama, kedua tim sama-sama tidak berhasil menambah gol. Tuan rumah masih unggul 1-0 untuk tim tamu.

Pada menit-menit awal babak kedua, dua tim itu terlihat bermain sangat berhati-hati. Akan tapi, memasuki menit 51, kedua tim sama-sama saling serang. Sundulan Patrick Wanggai yang memanfaatkan umpan lambung silang di depan gawang Persela Lamongan masih aman dipelukan Khoirul Huda.

Namun memasuki menit 53, tendangan menyusur tanah dan terukur Boas Salossa masih membentur mistar gawang Persela Lamongan membuat penonton menarik nafas panjang. Papan skor tidak berubah, 1-0 masih untuk Persipura.

Pada menit 57, Arifiki Eka Putra ditarik keluar karena cedera, dan digantikan oleh Dedi Indra. Pada menit 62, Samsul Arif ditarik keluar digantikan oleh Zaenal Arifin. Rupanya pelatih Persela Gomes de Olivera ingin menambah daya gedor pasukanya.

Untuk mengantisipasi hal itu, pelatih Persipura Jacksen F Thiago juga melakukan tiga kali pergantian pemain yakni, menit 64, 67, dan 74 dengan memasukan Lukas Mandowen menarik Patrick Wanggai, kemudian menarik Yustinus Pae memasukan Yohanis Tjoe, dan menarik Gerard Pangkali memasukan Ferdinando Pahabol.

Dengan adanya pergantian itu, permaianan tim kebanggaan warga Jayapura dan Papua itu terlihat lebih berkembang.

Pada menit 88, Boas Salossa berhasil mencatatkan namanya di papan skor. Kedudukan 2-0 untuk tuan rumah. Tribun yang diisi Persipuramania terlihat senang.

Pada babak kedua itu, Persela Lamongan hanya sedikit mendapatkan peluang karena hanya memanfaatkan serangan balik.

Susunan pemain:
Persipura Jayapura: 1. Yoo Jae Hoon (Kiper), 45. Bio Pauline Piaere, 5. Oktavio Dutra, 26. Ortisan Salosa, 11.Lim Jun Sik, 15.Gerard Pangkali/Ferdinando Pahabol, 10.Zah Rahan, 11.Imanuel Wanggai, 21.Yustinuas Pae/Johanis Tjoe, 86 Boas salossa (C), 88 Patrick Wanggai/Lukas Mandowen, pelatih kepala Jacksen F Tiago.

Persela Lamongan, 1. Khoirul Huda, 15. Roman Gulian, 22. Han Sang Min, 87. Arifiki Eka Putra/Dedi Indra, 13. Saiful Lewanusa, 11. Catur Pamungkas/Fajar Handika, 8. Gustavo Lopes (C), 9. Samsul Arif/Zaenal Arifin, 19. Jimi Suparno, 7. Ikyun Oh, 18. Mario Costas, Pelatih Gomes de Olivera.

(KR-ARG/M029)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013