Kutai Timur (ANTARA) — PT Dahana berhasil melaksanakan peledakan perdana di lokasi penambangan PT Bengalon Limestone yang merupakan anak usaha dari Hongshi Group pada 16 Mei 2023. Peledakan ini merupakan langkah awal dalam kegiatan penambangan yang dilakukan di daerah Selangkau, Kaliorang, Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur.

GM Divisi Kuari & Konstruksi Dahana Setio Budhianto mengatakan, produk yang digunakan dalam peledakan ini adalah DANFO, Dayagel Extra, dan Dayadet Non Electric Detonator. 

“Hasil peledakan mendapatkan tanggapan yang baik dari PT Bengalon Limestone, di mana persiapan pekerjaan peledakan, perizinan, dan pelaksanaan peledakan hingga selesai memberikan kepuasan yang sesuai dengan harapan mereka,” ujarnya. 

Proses peledakan yang dilakukan oleh Dahana mengikuti prosedur kerja yang telah teruji di jobsite lainnya. Tahapan peledakan meliputi pengambilan bahan peledak, pencampuran ammonium nitrat (AN) dengan solar, pengangkutan bahan peledak ke lokasi peledakan, priming, pengisian bahan peledak ke lubang ledak, perangkaian sesuai rencana, peledakan, dan pengecekan pasca peledakan. Dalam prosesnya, Dahana menjalankan seluruh prosedur dengan memperhatikan aspek keselamatan sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku, serta memberikan perhatian penting pada kualitas pekerjaan.

Setio mengatakan, dalam kegiatan peledakan ini, Dahana memberikan layanan suplai bahan peledak dan jasa peledakan untuk PT Bengalon Limestone dalam rangka kegiatan penambangan, serta untuk PT Kobexindo Cement dalam rangka kegiatan konstruksi. Kedua konsumen ini merupakan anak usaha dari Hongshi Group, produsen semen terkemuka asal Tiongkok yang dikenal dengan brand semennya, yaitu Singa Merah.

Dalam first blasting di PT Bengalon Limestone, Dahana telah berhasil menghadapi berbagai tantangan. Hal tersebut diungkapkan Ryan Noverie Pasoreh, Senior Manager Operasi Sektor Kuari Divisi Kuari & Konstruksi Dahana.  

Lokasi yang terpencil dan fasilitas yang terbatas menjadi kendala tersendiri yang membutuhkan personel tangguh dengan daya jelajah yang tinggi. Namun, dengan keahlian dan pengalaman yang dimiliki oleh tim Dahana, tantangan-tantangan tersebut dapat diatasi dengan baik. 

Ryan juga menjelaskan Dahana menghadapi berbagai macam tantangan lainnya seperti keterbatasan ruang di lokasi penambangan yang masih terbilang sempit serta berada dekat dengan fasilitas pertambangan termasuk perkantoran site dan fasilitas pabrik. 

“Namun, berkat pengalaman dan kemampuan tim Dahana yang diambil dari tim di PT Semen Baturaja dan PT Semen Tonasa, kendala ini dapat diatasi dengan baik. Pola peledakan yang baik diimplementasikan untuk mengendalikan getaran dan mencegah terjadinya flyrock yang dapat membahayakan fasilitas sekitar,” ungkap Ryan.

Mewakili manajemen, Setio turut menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada semua tim di lapangan atas kinerja dan kerja keras mereka di Jobsite Project Semen Singa Merah-Bengalon. Manajemen Dahana sangat menghargai dedikasi dan profesionalisme yang ditunjukkan oleh para pekerja dalam menjalankan tugas mereka dengan baik.

Selain itu, Dahana juga memiliki harapan untuk terus mempertahankan kinerja yang baik di jobsite Semen Singa Merah-Bengalon. Dahana berkomitmen untuk meningkatkan konsistensi dalam memberikan kualitas jasa peledakan yang terbaik, selalu mengutamakan aspek keselamatan, dan melaksanakan kaidah-kaidah pertambangan yang baik. Dengan begitu Ryan berharap Dahana dapat terus menjadi mitra terpercaya bagi Hongshi Group dengan mengambil peran dalam pasokan bahan peledak dan jasa peledakan di anak perusahaan lainnya, termasuk di Jember, Jawa Timur, dan di lokasi IUP baru di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023