Phnom Penh (ANTARA) - Ketua Komite Penyelenggara ASEAN Para Games 2023 Kamboja Hun Many menyampaikan setiap penampilan atlet para games yang berlaga di kompetisi olahraga terbesar se-Asia Tenggara tersebut telah menginspirasi semua orang.

"Selamat bagi peraih medali dan bagi kalian yang belum mendapatkannya, tetap semangat. Ketahuilah, walau tidak memenangkan medali penampilan kalian telah memenangkan hati banyak orang dan menjadi inspirasi bagi kita semua," kata Hun Many dalam pidato di Upacara Penutupan ASEAN Para Games 2023 di Stadion Nasional Morodok Techo Phnom Penh Kamboja, Jumat.

Dia berpesan kepada seluruh kontingen untuk membawa pulang kenangan hangat selama berada di Kamboja ke negara masing-masing.

"Saya ingin Anda semua tahu, di luar tantangan pada fisik kalian, kami bangga pada kalian. Dan ketahuilah, kalian semua telah membuat negaramu bangga," kata Hun Many yang juga merupakan anak dari Perdana Menteri Kamboja.

Baca juga: ASEAN Para Games resmi ditutup, Kamboja serahkan estafet ke Thailand

Penyelenggaraan ASEAN Para Games ke-12 di Kamboja telah selesai pada Jumat, setelah berlangsung selama tujuh hari sejak 3 Juni.

Pesta olahraga untuk atlet disabilitas itu diikuti oleh 11 negara dengan total 14 cabang olahraga yang dipertandingkan. Indonesia mendapat predikat sebagai juara umum dengan perolehan 159 emas, 148 perak, dan 94 perunggu.

Juara umum Indonesia pada ASEAN Para Games ini merupakan yang ketiga kalinya secara beruntun sejak 2017 di Malaysia, 2022 di Indonesia, dan 2023 di Kamboja.

Penyelenggaraan ASEAN Para Games selanjutnya akan digelar di Thailand pada 2026.

Baca juga: Lagu-lagu penutupan APG 2023 senandungkan persaudaraan ASEAN
Baca juga: Ratri Oktila sebut APG 2023 jadi ajang persiapan Paralimpiade

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023