Saham Inggris menguat pada awal perdagangan Jumat....
Bengaluru (ANTARA) - Saham Inggris menguat pada awal perdagangan Jumat, dengan FTSE 100 terangkat sektor energi dan pertambangan, sementara kemerosotan pemasok bahan bangunan utama Travis Perkins menyusul peringatan laba menekan industri kelas menengah.

Indeks saham-saham unggulan atau blue-chips FTSE 100 yang padat sumber daya dan fokus ke pasar luar negeri meningkat 0,3 persen pada pukul 07.18 GMT. Indeks acuan berorientasi ekspor ini berada di jalur untuk kenaikan mingguan, didukung oleh penambang dan sterling yang lemah.

Saham sektor pertambangan dan energi mengikuti kenaikan harga minyak mentah dan logam.

Sementara itu, indeks saham-saham berkapitalisasi sedang atau mid-caps FTSE 250 yang berorientasi ke pasar dalam negeri lesu.

Saham Travis Perkins anjlok 7,4 persen ke level terendah dalam tujuh bulan setelah perusahaan Inggris itu menyatakan keuntungannya akan terpukul oleh tantangan di pasar perumahan negara itu.

ASOS melonjak 6,2 persen, memperpanjang keuntungan dari sesi sebelumnya karena kembali ke profitabilitas, dengan RBC menaikkan target harganya di peritel fesyen daring itu.

Investor sangat menantikan data inflasi domestik dan keputusan suku bunga Bank Sentral Inggris yang akan dirilis minggu depan menyusul jeda hawkish dari Federal AS dan kenaikan suku bunga 25 basis poin oleh Bank Sentral Eropa minggu ini.
Baca juga: Saham Inggris untung hari ketiga, indeks FTSE 100 terkerek 0,10 persen
Baca juga: Saham Inggris untung hari ke-4, indeks FTSE 100 bertambah 0,34 persen

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023