Jakarta (ANTARA) - Sony meluncurkan rangkaian produk televisi terbaru yaitu TV BRAVIA XR yang meliputi X95L Mini LED, X90L Full Array LED, dan A80L OLED yang cocok digunakan dalam untuk berbagai kebutuhan mulai dari menonton film, siaran langsung (streaming), mengadakan pesta, hingga bermain gim.

"Dengan adanya lini TV, soundbar, dan speaker terbaru dari Sony, pelanggan dapat merasakan sensasi home theatre ketika bersantai sambil nonton film, main game, streaming, atau mengadakan pesta di rumah yang lebih imersif," kata President Director of PT Sony Indonesia, Yoshiyuki Fujioka, pada acara peluncuran yang diselenggarakan di Hotel InterContinental Pondok Indah, Jakarta Selatan pada Jumat.

Jejeran produk TV BRAVIA XR yang meliputi model X95L Mini LED, X90L Full Array LED, dan A80L OLED dibekali dengan teknologi Cognitive Processor XR yang mampu meningkatkan kejernihan gambar, pengurangan noise, mengurangi keburaman, dan menciptakan momen dinamis.

Baca juga: TCL luncurkan televisi seri terbaru, cocok untuk gamers

Cognitive Processor XR juga memungkinkan backlight control yang lebih baik untuk peningkatan local dimming zone, peningkatan kecerahan, dan penurunan blooming.
Model X95L Mini LED yang dihadirkan saat acara peluncuran Sony Press Conference of Home Entertainment New Product 2023 di Hotel InterContinental Pondok Indah, Jakarta Selatan pada Jumat (16/6). (ANTARA/Farhan Arda Nugraha)


Dari segi suara, khusus model X95L Mini LED disokong oleh fitur Acoustic Multi-Audio+ dengan frame tweeter di bagian sisi televisi yang berfungsi untuk meningkatkan suara agar selaras dengan gambar di layar. Sementara model A80L OLED memiliki fitur Acoustic Surface Audio+ dengan aktuator yang bergetar untuk menghasilkan suara dari seluruh layar.

Baca juga: Sony hadirkan empat varian baru TV Bravia XR

Kualitas gambar yang dihasilkan model X95L Mini LED serasa lebih hidup berkat teknologi XR Backlight Master yang menyempurnakan gambar dengan menghasilkan warna hitam pekat dan warna alami. Dipadukan dengan Triluminos Pro menikmati tontonan menjadi lebih menyenangkan dengan kontras terbaik dari ribuan Mini LED dan miliaran warna akurat yang dikendalikan dengan presisi oleh dua teknologi tersebut.
Model A80L OLED yang dihadirkan saat acara peluncuran Sony Press Conference of Home Entertainment New Product 2023 di Hotel InterContinental Pondok Indah, Jakarta Selatan pada Jumat (16/6). (ANTARA/Farhan Arda Nugraha)


Ketiga produk TV BRAVIA XR juga cocok digunakan untuk bermain gim dengan dipadukan bersama konsol PlayStation 5 (PS 5). Produk tersebut menghadirkan deretan fitur eksklusif yang dapat meningkatkan pengalaman "gamers" ketika bermain PS 5.

Fitur pertama adalah Auto HDR Tone Mapping dan Auto Genre Picture Mode, untuk menghadirkan kualitas gambar yang optimal saat bermain gim dan melakukan streaming.

Baca juga: Sony BRAVIA XR X95J & X90J 4K LED hadir dengan Cognitive Processor XR

Kemudian ada fitur Game Menu yang bisa digunakan "gamers" untuk menyesuaikan pengaturan sesuai selera seperti mengaktifkan atau menonaktifkan VRR atau Motion Blur Reduction dengan quick access.
Model X90L Full Array LED yang dihadirkan saat acara peluncuran Sony Press Conference of Home Entertainment New Product 2023 di Hotel InterContinental Pondok Indah, Jakarta Selatan pada Jumat (16/6). (ANTARA/Farhan Arda Nugraha)


Game Menu juga memungkinkan pengguna untuk meningkatkan kecerahan di area gelap untuk menemukan objek dan lawan dengan mudah menggunakan Black Equalizer dan dapat dengan mudah membidik lawan mereka dengan enam jenis garis bidik (crosshair).

Selain itu, fitur Game Menu pada produk TV BRAVIA RX memiliki kemampuan baru yaitu menyesuaikan ukuran layar dengan fitur Screen Size untuk memfokuskan permainan dengan layar yang lebih kecil.

Baca juga: PlayStation Vue kini terintegrasi dengan aplikasi Apple TV

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023