Los Angeles (ANTARA News) - Pemungutan suara untuk pemenang Oscar, yang merupakan anugerah tertinggi untuk insan perfilman Hollywood dan seremoninya digelar Minggu nanti waktu AS atau Senin pagi WIB pekan depan, telah ditutup Selasa malam waktu AS atau Rabu pagi WIB ini.

Pemungutan suara untuk para pemenang Oscar itu diadakan oleh studio-studio film Hollywood dan untuk pertama kalinya dalam 85 tahun sejarah Academy Awards (Oscar) dilakukan secara online.

Lebih dari 5.800 profesional industri film yang menjadi anggota Academy of Motion Picture Arts and Sciences telah diundang untuk memberikan suara pada 24 kategori Oscar, sejak 8 Februari lalu dan berakhir Selasa pukul 5 sore waktu Amerika Serikat Timur atau pukul 7 pagi Rabu WIB.

Hasil penghitungan suara ditabulasi di sebuah lokasi rahasia oleh lembaga akuntan PricewaterhouseCoopers, yang mengirimkan amplop berisi para pemenang Oscar yang akan diumumkan 24 Februari nanti dan disiarkan langsung oleh televisi AS dari Hollywood.

Kabarnya pemungutan suara untuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktris dan Aktor Terbaik berlangsung seru dibarengi oleh promosi gencar para sponsor film di berbagai media massa.

Los Angeles Times melaporkan bahwa Warner Bros., yang adalah studio dibalik film "Argo," dan Walt Disney Co yang mendistribusikan "Lincoln," masing-masing telah mengeluarkan dana 10 juta dolar AS untuk kampanye pemenangan Oscar dalam beberapa pekan belakangan.

Kedua film bersaing keras memperebutkan anugerah paling bergengsi Oscar, Film Terbaik.

PricewaterhouseCoopers mengakui selama 79 tahun memproses pemungutan suara untuk Oscar baru kali ini dilakukan dengan pengamanan yang begitu ketat, diantaranya mengenalkan sistem pemungutan suara secara online.

"Ini sistem tertangguh dengan sejumlah fitur keamanan," kata Rick Rosas yang bekerja untuk Oscar bagi PricewaterhouseCoopers sejak 2001, kepada Reuters.

Dia mengungkapkan lebih dari setengah anggota Academy memberikan suara secara online.  Tapi sistem ini dikeluhkan oleh sebagian anggota Academy, terutama kalangan usia 50 tahun ke atas.

Beberapa anggota mengeluhkan masalah kata kunci (password) dan "user name" serta cara memberikan suara secara online.  

Drama tentang mendiang Presiden AS Abraham Lincoln karya Steven Spielberg, "Lincoln", memimpin dengan 11 nominasi Oscar, termasuk nominasi Film Terbaik, juga "Life of Pi" dengan 11 nominasi, kemudian film musikal "Les  Miserables" dan film komedi "Silver Linings Playbook" masing-masing delapan nominasi, serta thriller "Argo" dengan tujuh nominasi, demikian Reuters. (*)

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013