Padang Aro, Sumbar (ANTARA News) - Tim patroli rutin Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Seksi Pengelolaan Taman Nasional IV (SPTN IV) menemukan chainsaw (gergaji rantai) alat penebang kayu di zona inti TNKS.

Kepala TNKS SPTN IV M Zainudin di Padang Aro, Rabu, mengatakan tim patroli  menemukan serbuk bekas penebangan kayu di daerah Anak Air Lolo, Nagari Sako Pasir Talang Kecamatan Sungai Pagu yang kemudian ditelusuri dan menemukan mesin pemotong kayu tersebut disembunyikan di semak-semak dalam kawasan inti TNKS.

"Sebelumnya juga sudah ada informan dari TNKS yang memberitahukan jika di kawasan tersebut ada penebangan kayu secara ilegal dan setelah mendapat kepastian tim patroli langsung melakukan penelusuran dan menemukan chainsaw tersebut," katanya.

Ia menyebutkan, penemuan chainsaw tersebut dilakukan oleh tim patroli pada Minggu (17/2) dengan menempuh perjalanan dua jam berjalan kaki.

"Sampai sekarang kita masih mencari pelaku maupun pemilik chainsaw tersebut karena pada saat kejadian mereka sudah tidak ada lagi," katanya.

(KR-HMR/B012)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013