Batam (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji menyampaikan bahwa sebanyak 12.358 calon haji yang diberangkatkan dari Embarkasi Hang Nadim Batam sudah tiba di Kota Suci Makkah, Arab Saudi.

Menurut Koordinator Media Center Haji Embarkasi Hang Nadim Batam Syahbudi, jamaah calon haji dari Embarkasi Batam yang sudah tiba di Makkah meliputi 1.330 orang dari Provinsi Kepulauan Riau, 5.296 orang dari Provinsi Riau, 3.113 orang dari Provinsi Jambi, dan 2.619 orang dari Provinsi Kalimantan Barat.

"Dalam keberangkatan haji tahun ini, Embarkasi Batam melayani 34 kloter haji. Awalnya 32 kloter, tetapi ada dua kloter tambahan kuota haji," kata Syahbudi di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu.

Menurut data dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Hang Nadim Batam, Syahbudi mengatakan, ada sejumlah calon haji yang batal berangkat ke Tanah Suci karena sakit, hamil, atau memutuskan untuk menunda keberangkatan.

Menurut dia, ada 69 calon haji yang tidak masuk ke asrama haji dan tujuh orang yang batal berangkat setelah berada di embarkasi.

Ia menyampaikan bahwa rombongan terakhir calon haji dari Embarkasi Batam yang tergabung dalam kelompok terbang 34 diberangkatkan ke Arab Saudi pada Jumat (23/6) malam.

Jamaah dalam kelompok terbang 34 Embarkasi Hang Nadim Batam sudah sampai di Kota Suci Makkah pada Sabtu.

Baca juga:
Rombongan terakhir calon haji dari Indonesia sudah tiba di Tanah Suci
PPIH: 5 calon haji Embarkasi Batam meninggal dunia di Makkah


Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023