kami pastikan semua pulau kebagian hewan kurban
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu mengirim 37 ekor hewan kurban, terdiri atas 22 ekor sapi dan 15 ekor kambing ke sejumlah pulau di kawasan itu dengan menggunakan kapal tradisional dari Pelabuhan Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa.

Bupati Kepulauan Seribu Junaedi menjelasakan, hewan kurban itu dikirim ke 11 permukiman warga sebanyak tiga ekor sapi untuk di Pulau Pramuka dan Pulau Sabira.

Kemudian, dua ekor sapi untuk di Pulau Untung Jawa, Pulau Tidung, Pulau Panggang, Pulau Kelapa dan satu ekor sapi masing-masing di Pulau Pari, Pulau Lancang, Pulau Payung, Pulau Harapan, Pulau Kelapa Dua dan Pulau Pramuka.

"Selain itu, ada juga 15 ekor kambing yang didistribusikan sesuai wilayahnya. Ada beberapa ekor hewan kurban kami bagikan untuk di mitra praja juga. Jadi, jadi tidak semua dikirim ke pulau. Tapi kami pastikan semua pulau kebagian hewan kurban," kata Junaedi.

Baca juga: Pemprov DKI Jakarta tetap periksa hewan kurban hingga H+3 Idul Adha

Hewan kurban tersebut merupakan bantuan dari berbagai pihak di antaranya dari Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Baznas Bazis DKI, Bank DKI, tanggung jawab sosial-lingkungan perusahaan (CSR) dan organisasi kemasyarakatan serta satuan kerja perangkat daerah/unit kerja perangkat daerah (SKPD/UKPD).

"Mewakili masyarakat, saya mengucapkan terima kasih kepada Pj Gubernur, SKPD/UKPD dan CSR yang telah peduli dan menyumbangkan hewan kurbannya di Kepulauan Seribu," ujar Junaedi.

Di antara hewan kurban, terdapat satu ekor sapi dari Pj Gubernur DKI Jakarta berjenis limosin berbobot di atas 900 kilogram.

Junaedi mengatakan sapi kurban dari Pj Gubernur DKI Jakarta, nantinya akan dipotong sendiri oleh bupati setelah sholat Idul Adha di Pulau Panggang.

Baca juga: Dokter hewan tegaskan air kunyit tak bisa obati PMK pada ternak

"Daging sapi kurban akan dibagikan kepada masyarakat Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara," ujar Junaedi.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023