Jakarta (ANTARA) -
Kepala Dinas Perindustrian Nusa Tenggara Barat (NTB) Nuryanti mengatakan kegiatan Lombok International Modest Fashion Festival (LIMOFF) 2023 diharapkan dapat menjadi momentum bangkitnya ekonomi daerah yang akan menghadirkan banyak industri kreatif baru.
 
"Dengan adanya LIMOFF ini akan menjadi sarana dan ikhtiar pemerintah yang menggerakkan seluruh roda ekonomi serta menyiapkan lapangan pekerjaan bagi generasi milenial kita ke depannya dan menggerakkan ekonomi kreatif," ucapnya dalam Konferensi pers Kick Off LIMOFF 2023 yang diikuti secara virtual, Selasa.
 
Ia juga mengatakan LIMOFF 2023 juga jadi momentum untuk menyoroti produk yang dihasilkan dari industri kecil menengah (IKM) NTB yang selama 4 tahun dibina oleh pemerintah pusat, pemerintah NTB dan pemangku kepentingan lainnya seperti fesyen, kuliner maupun farmasi dan kosmetik herbal yang sudah selayaknya masuk ke tahap produksi masal.
Dari produk yang dihasilkan oleh IKM NTB, ia mengatakan muslim fesyen dapat membuka lapangan pekerjaan yang luas dan menjadi kewajiban pemerintah untuk menyiapkan lapangan kerja bagi milenial sebagai bonus demografi kedepannya.
 
"Dari kegiatan LIMOFF yang akan terus berkelanjutan bisa melanjutkan ekspor produk dan menghadirkan bisnis matching dari pelaku pariwisata dan pasar-pasar luar negeri yang kita harapkan. Termasuk di dalamnya kerajinan maupun perhiasan dari NTB," ucap Yanti.
 
Sementara itu, produk industri kosmetik dan farmasi herbal yang sudah terstandar juga diharapkan akan mendapat sorotan dari kegiatan yang menampilkan gaya berbusana sopan ini. Dan yang terpenting, kata Yanti adalah industri makanan dan minuman yang juga berkaitan dengan industri pariwisata.
 
"Kita harapkan ada transfer teknologi, informasi dan kegiatan yang kompetitif dari kegiatan ini buat kami di daerah terutama pelaku industri kreatif,"
 
Yanti juga berharap dengan kegiatan LIMOFF 2023 yang akan berlangsung tanggal 6-9 Juli 2023 di Senggigi, NTB ini, juga akan ada kerjasama perdagangan dengan negara ASEAN sebagai peserta desainer yang turut hadir dan pelaku pariwisata bisa melirik produk IKM NTB untuk kebutuhan perhotelan baik itu homedekor, sabun, kosmetik dan lainnya.
 
Adapun Dinas Perindustrian NTB juga menargetkan tujuan lainnya melalui ajang LIMOFF 2023 ini seperti lahirnya 20 jenama lokal baju siap pakai NTB tahun 2023 yang tidak hanya menjual kain tenun dan target 12.000 pengunjung selama 4 hari baik pengunjung kegiatan maupun wisatawan.

Baca juga: NTB promosikan LIMOFF ke para isteri duta besar di Jakarta

Baca juga: Pemprov NTB promosikan LIMOFF ke pecinta mode di Kuala Lumpur

Baca juga: Babel promosikan tenun cual di Limoff Event

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023