Desa Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu, memiliki banyak potensi dan kelebihan yang bisa jadi percontohan seperti Pasar Karya Anak Muda (Kamu) di Jalan Perintis, Desa Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu.
Deli Serdang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Deli Serdang di Provinsi Sumatera Utara berharap Desa Denai Lama,Kecamatan Pantai Labu dapat menjadi desa teladan dan percontohan di Indonesia menyusul terpilihnya desa tersebut mengikuti lomba desa/kelurahan terbaik tingkat Sumatera Utara Tahun 2023.

Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan di Lubuk Pakam, Selasa mengatakan pihaknya sangat antusias dan memiliki keinginan besar untuk mewujudkan Desa Denai Lama menjadi desa yang dapat diteladani dan dijadikan desa percontohan dalam memberikan pelayanan yang muaranya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kabupaten Deli Serdang, kata dia, memiliki 380 desa yang dipimpin masing-masing kepala desa. Khusus Desa Denai Lama, tak dipungkiri memiliki berbagai kelebihan jika dibanding desa-desa lainnya.

"Kami harapkan tim penilai bisa menilai apakah Desa Denai Lama ini layak menjadi desa teladan untuk menjadi contoh bagi seluruh desa, tidak hanya di Deli Serdang, tapi juga Sumatera Utara. Cita-cita kami, Desa Denai Lama ini akan menjadi desa yang diteladani, menjadi contoh desa-desa seluruh Indonesia," katanya.

Desa Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu, memiliki banyak potensi dan kelebihan yang bisa jadi percontohan seperti Pasar Karya Anak Muda (Kamu) di Jalan Perintis, Desa Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu.

Pasar kuliner seluas 1 hektare tersebut buka setiap hari Minggu, mulai pukul 07.00 WIB sampai 11.00 WIB. Pengunjung bisa menemukan anke jajanan tradisional seperti gatot, tiwul, dodol, grontol, apem gula merah, kue rasida, kue dangai, kue kekaras, kue lempeng torak, kue pulut panggang, dan kue makmur.

Transaksi yang dilakukan juga unik, pengunjung harus menukar uang dengan koin yang diberi nama Tempu, yaitu potongan tempurung kelapa berukir dan dibentuk menyerupai koin. Tempu ini menggantikan uang sebagai alat transaksi jual beli.

Keunggulan lainnya di Desa Denai Lama, yaitu pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)-nya. Bersumber dari Anggaran Dana Desa (ADD), BUMDes Sastro 3-16 berhasil menyulap Desa Denai Lama menjadi Desa Wisata yang diberi nama Agrowisata Paloh Naga.

Di Desa Denai Lama juga dikembangkan pendidikan karakter seni dan budaya, yakni Sanggar Lingkaran yang memiliki Kafe Baca. Salah satu upaya pengembangan karakter Sumber daya masyarakat yang dikelola para remaja.

Dari ketiga potensi ini, Desa Denai Lama termasuk satu di antara 100 nominasi Anugrah Pariwisata Indonesia (API) Award Tahun 2021. Tepat setahun, Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), pernah berkunjung ke desa ini untuk memberi motivasi dan dukungan dalam pengembangan lokasi wisata.

"Saat ini banyak kunjungan berbagai desa dari luar Sumatera Utara. Tujuannya untuk melihat bagaimana Pemerintah Desa Denai Lama mengelola desa. Pengelolaan desa yang dilakukan ini kemudian dijadikan rujukan bagi para perwakilan desa-desa tersebut," katanya.
Baca juga: Pemkab Deli Serdang bekali kepala desa wawasan kebangsaan
Baca juga: KSP sampaikan perkembangkan konflik agraria dua desa di Deli Serdang

Baca juga: Vokasi UI beri edukasi pengembangan desa wisata di Sumut

Pewarta: Juraidi
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023