Jakarta (ANTARA) - Petenis Indonesia Muhammad Rifqi Fitriadi memastikan diri melaju ke babak kedua seri III Harum Energy Mens World Tennis Tour 2023 setelah mengalahkan wakil Jepang Sora Fukuda.

Bertanding di lapangan tenis The Sultan Hotel & Residence Jakarta, Rabu, Rifqi meraih kemenangan atas Fukuda yang memutuskan mundur ketika unggul 4-2 pada set pertama.

"Dapat dua break di awal mungkin karena lawan kehilangan fokus. Dia menahan sakit di perutnya akibat keracunan makanan tadi malam. Tapi, ya, itulah. Kami mesti bisa menjaga diri sepanjang turnamen," ujar Rifqi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Pada babak kedua, Rifqi akan kembali meladeni wakil dari Negeri Matahari Terbit Koki Matsuda yang menyingkirkan kompatriotnya Issei Okumura 6-3, 7-6(6).

Rifqi yang berstatus sebagai unggulan kelima pada seri terakhir itu mengaku tidak memiliki persiapan khusus untuk laga tersebut.

"Karena belum pernah ketemu, kami masih sama meraba-raba cara satu sama lain bermain. Saya akan lihat dari gim awalnya saja. Saya juga sudah mulai dapat ritme lagi. Terutama footwork backhand-nya. Itu kuncinya," kata Rifqi menambahkan.

Sementara itu, Nathan Barki (18) akan menantang finalis pekan kedua Yurii Dzhavakian asal Ukrainina yang menghentikan unggulan ketujuh Daisuke Sumizawa 2-6, 6-4, 6-2.

Partai pada babak kedua itu akan memberikan poin internasional tunggal pertama bagi peraih perak ganda dan perunggu beregu SEA Games 2023 itu.

Baca juga: Petenis Jepang dominasi pekan ketiga Harum Energy Tennis Tour 2023

Sayangnya, tiga wakil tunggal putra tuan rumah lain gagal melangkah lebih jauh. Ketiganya kalah dua set langsung.

Justin Barki yang menjadi finalis seri pertama tunduk dari unggulan kedelapan Karan Singh asal India 5-7, 1-6. David Agung Susanto ditaklukan Thiemo de Bakker asal Belanda 5-7, 4-6. Sementara itu, Tegar Abdi Satrio Wibowo kandas dari Bhantia asal India, 1-6, 1-6.

Pada seri terakhir ini, dua unggulan teratas sektor tunggal telah terjungkal. Petenis Jepang Yuta Kawahashi membekap unggulan pertama asal India Digvijay Pratap Singh dengan 6-4, 6-3. Sedangkan Mourani Bouzige dari Australia membungkam seeded kedua Shuichi Sekiguchi (Jepang) 7-5, 6-3.

Pada sektor ganda, wakil tuan rumah Nathan Barki dan Christopher Rungkat melewati kompatriotnya Claudio Renaldi Lumanauw dan Renaldi Aqila Salim. Unggulan pertama ajang ini menang dua set langsung, 6-3, 6-0.

Sementara itu, David Agung dan Anthony Susanto menyisihkan unggulan keempat Issei Okamura /Daisuke Sumizawa. Duo Susanto itu menang dalam dua set langsung dengan tie break 7-6(2), 7-6 (2).

Pada perempat final, Kamis (29/6), dua ganda tuan rumah itu akan menjajal permainan pasangan dari Negeri Samurai. Nathan/Christo berhadapan Koki Matsuda /Taketo Takamisawa. Sementara Anthony/David Agung bertemu Sora Fukuda /Tomohiro Masabayashi.

Sedangkan Lucky Chandra Kurniawan/Tegar Abdi Satrio mengalami nasib berbeda. Penerima wildcard itu kalah dari Tomohiro Masabayashi/Sora Fukuda asal Jepang dalam straight set 1-6, 3-6.

Baca juga: Puluhan tim tenis Jabodetabek meriahkan TipTip Dash Tennis Tournament
Baca juga: Justin Barki melangkah ke final Harum Energy World Tennis Tour

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023