Surabaya (ANTARA) - Pimpinan DPRD Kota Surabaya menyatakan Hari Raya Idul Adha tahun ini merupakan spirit teladan inspiratif keluarga Nabi Ibrahim untuk menumbuhkan generasi SDM berkualitas di Kota Pahlawan, Jatim.

"Idul Adha menjadi momen penuh makna bagi umat Muslim dalam rangka merayakan Hari Raya Kurban sebagai salah satu peringatan penting dalam perintah agama Islam," kata Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Reni Astuti usai Shalat Idul Adha di Masjid Al Mabruk Keputih, Surabaya, Kamis.

Reni mengatakan Idul Adha memberi pelajaran yang sangat berharga dan nilai penting bagi setiap insan dengan lebih memaknai kembali kisah Nabi Ibrahim.

"Hikmah yang terkandung dalam kisah keluarga Nabi Ibrahim dan putranya, Nabi Ismail adalah kesalehan dan keteladanan melalui keimanan yang kuat, kesabaran yang tinggi, serta ketaatan yang tulus kepada Allah," ucapnya.

Baca juga: DKPP Surabaya: Kesehatan hewan kurban bisa dicek lewat "ear tag" 

Baca juga: RPH-DMI Surabaya bantu takmir masjid dapatkan hewan kurban terbaik

Termasuk pengorbanan yang begitu berat oleh Nabi Ibrahim yang merelakan putranya sendiri, Nabi Ismail sebagai sembelih kurban dalam memenuhi perintah dari Allah SWT.

"Kepercayaan dan kepatuhan Nabi Ibrahim kepada Allah adalah contoh inspiratif mengajarkan pentingnya tunduk dan mematuhi perintah Allah dalam segala aspek kehidupan," katanya.

Di sisi lain, Nabi Ismail juga memberikan panutan bagi tumbuhnya generasi SDM berkualitas yang taat dan patuh.

"Nabi Ismail contoh yang baik dalam ketaatan, disiplin, dan tekun dalam menjalankan tugas-tugas yang diberikan kepadanya. Keikhlasan menerima perintah menjadi kurban bukti kepatuhan dan keteguhan hati yang luar biasa," ujarnya.

"Kita dapat meneladani sikap dan kualitas kepribadian Nabi Ismail dalam mengembangkan generasi muda yang memiliki keteguhan iman dan semangat dalam mencapai tujuan hidup (ibadah)," kata Reni.

Menurut dia, pentingnya kepatuhan kepada Sang Pencipta juga tercermin melalui kepatuhan kepada orang tua. Sebab Idul Adha mengingatkan pula akan kewajiban untuk menghormati, mendengarkan dan mematuhi orang tua.

Terakhir wakil rakyat itu berpesan bahwa Hari Raya Kurban juga menjadi waktu yang tepat untuk menunjukkan kepedulian kita kepada sesama melalui berbagi daging kurban.

"Berbagi daging kurban tidak hanya sekadar memenuhi kewajiban agama, tetapi aksi nyata dari sikap kepedulian dan kebaikan sosial," tuturnya.

"Semangat berbagi, kita turut mengamalkan nilai-nilai empati, solidaritas, dan kasih sayang kepada mereka yang membutuhkan. Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 H," kata Reni menambahkan.*

Baca juga: PKS bagikan 13.700 paket daging kurban untuk warga Surabaya

Baca juga: Emil Dardak serahkan sapi kurban milik Presiden ke Masjid Al Akbar


Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023