Kami memperkirakan pelemahan mata uang nasional akan terus berlanjut, turun menjadi sekitar 89-90 terhadap dolar
Moskow (ANTARA) - Rubel Rusia melemah menjadi 87 terhadap dolar pada awal perdagangan Kamis, terhambat oleh ketidakstabilan politik dalam negeri setelah pemberontakan yang dibatalkan selama akhir pekan, dengan ketidakpastian tentang perkembangan di masa depan memicu permintaan untuk aset-aset safe-haven.

Pada pukul 0738 GMT, rubel melemah 0,7 persen terhadap dolar menjadi diperdagangkan pada 87.00. Pada Senin (26/6), rubel merosot ke 87,23, titik terlemah sejak akhir Maret 2022. Mata uang Rusia juga kehilangan 0,7 persen untuk diperdagangkan pada 94,97 versus euro dan turun 0,8 persen terhadap yuan menjadi diperdagangkan di 11,99.

Kontrol modal telah membantu melindungi rubel terhadap geopolitik sampai batas tertentu dalam 16 bulan sejak Rusia menginvasi Ukraina, tetapi langkah Yevgeny Prigozhin di Moskow bergema melalui pasar dan meninggalkan pertanyaan tentang cengkeraman kekuasaan Presiden Vladimir Putin.

Rubel kehilangan faktor pendukung utama pada Rabu (28/6) karena periode pajak akhir bulan yang biasanya melihat eksportir mengubah pendapatan mata uang asing untuk memenuhi kewajiban lokal telah berlalu.

"Seperti yang kami perkirakan, rubel turun pada akhir masa pajak, cukup tajam, sekitar 1,5 persen," kata Alor Broker dalam sebuah catatan. "Kami memperkirakan pelemahan mata uang nasional akan terus berlanjut, turun menjadi sekitar 89-90 terhadap dolar."

Minyak mentah Brent, patokan global untuk ekspor utama Rusia, turun 0,4 persen menjadi diperdagangkan di 73,73 dolar AS per barel.

Indeks saham Rusia beragam. Indeks RTS berdenominasi dolar turun 0,2 persen menjadi diperdagangkan pada 1.012,8 poin. Indeks MOEX Rusia berbasis rubel terangkat 0,6 persen menjadi diperdagangkan pada 2.797,2 poin.

Saham pengecer Magnit diperdagangkan 0,9 persen lebih rendah setelah melonjak ke level tertinggi lebih dari tujuh bulan di pembukaan perdagangan.

Magnit pada Rabu (28/6) malam mengatakan akan meningkatkan hampir tiga kali lipat jumlah saham yang diblokir yang dibelinya kembali dari pemegang saham asing sebagai tanggapan atas permintaan kuat dari investor Barat yang ingin keluar dari kepemilikan Rusia.

Baca juga: Rubel Rusia melemah ketika eksportir membayar pajak akhir bulan

Baca juga: Rubel stabil setelah pemberontakan dibatalkan picu volatilitas liar

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023